Delapan Ribu Siswi Kelas 5 SD di Bandarlampung akan Terima Vaksin HPV

M. Iqbal Pratama - Selasa, 08 Agustus 2023 18:37
Delapan Ribu Siswi Kelas 5 SD di Bandarlampung akan Terima Vaksin HPV Delapan ribu lebih siswi kelas 5 tingkat SD di Bandarlampung akan menerima vaksinasi Human Papilloma Virus (HPV) guna mencegah kanker serviks (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Delapan ribu lebih siswi kelas 5 tingkat SD di Bandarlampung akan menerima vaksinasi Human Papilloma Virus (HPV) guna mencegah kanker serviks.

Vaksinasi HPV merupakan program imunisasi untuk melindungi tubuh dari infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Vaksinasi ini  berfungsi untuk  mencegah kanker di area kelamin dan organ reproduksi pada wanita.

Dinas Kesehatan bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandarlampung akan mengadakan vaksinasi serviks kepada anak perempuan kelas 5 SD atau anak perempuan berumur 11 tahun.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Bandarlampung Mulyadi Sukri mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Bandarlampung untuk melakukan vaksinasi HPV kepada siswi kelas 5 SD.

Mulyadi mengaku sangat mendukung program ini hal itu lantaran baik untuk pencegahan dini terhadap kanker serviks

"Khususnya pada bulan Agustus ini merupakan bulan imunisasi sehingga nantinya akan dilakukan vaksin campak, gondongan dan rubella (mmr)," ujarnya.

Dalam pelaksanaannya nantinya Disdikbud akan membentuk tim pengawasan guna melakukan pemantauan.

Sasaran target sebanyak 8.468 siswi sekolah dasar dan diketahui saat ini sebanyak ribuan vaksin telah diterima oleh Dinkes. Realisasi  vaksin akan dilaksanakan pada pertengahan Agustus mendatang.

Pada vaksinasi nantinya dilakukan 2 tahap yakni dosis satu akan diberikan pada kelas 5 dan dosis 2 akan diberikan pada kelas 6, dengan syerat penerima vaksin dengan kondisi sehat . (IQB)

Editor: Redaksi
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS