Daftar 6 Bansos Rencana Cair Bulan September 2022

Yunike Purnama - Kamis, 01 September 2022 12:49
Daftar 6 Bansos Rencana Cair Bulan September 2022Ilustrasi bantuan sosial. (sumber: Ist)

BANDAR LAMPUNG - Pemerintah masih akan menyalurkan sejumlah bansos (bantuan sosial) kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 pada September. Masyarakat tak sabar menantikan daftar bansos cair bulan September 2022.

Bantuan sosial dari pemerintah ini diharapkan dapat meringankan kebutuhan masyarakat yang terdampak pandemi covid-19. 

Untuk selengkapnya, berikut daftar bansos cair bulan September 2022 yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Bantuan Subsidi Upah

Sri Mulyani selaku Menkeu (Menteri Keuangan) menyampaikan bahwa pemerintah akan kembali menyalurkan BSU (Bantuan Subsidi Upah) kepada masyarakat sebesar Rp600.000. Pemerintah menargetkan pencairan BSU untuk 16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimum per bulan Rp 3,5 juta per bulan.

2. BLT Masyarakat

Pemerintah melalui kemensos (Kementerian Sosial) menyampaikan akan menyalurkan BLt (Bantuan Langsung Tunai) berupa minyak goreng yang diberikan pada 64.354 KPM (keluarga penerima manfaat) di Kepulauan Riau.

Selain itu, pemerintah juga akan menyalurkan BLT untuk 20,65 juta masyarakat. Adapun bantuan tersebut berupa uang tunai Rp300 ribu yang akan diberikan dua kali oleh Kemensos, melalui PT Pos Indonesia.

3. BLT Dana Desa

Bantuan lainnya yang akan disalurkan pada bulan September 2022 yaitu BLT Dana Desa. Bantuan yang diberikan Rp300 ribu per bulan selama 12 bulan ini khusus untuk masyarakat desa dengan kriteria tertentu, seperti keluarga miskin, memiliki penyakit kronis, pengangguran, dan belum menerima bansos lain.

4. Bantuan Pokok Non Tunai

Kemensos juga memberikan bantuan lainnya yaitu bantuan sosial Bantuan Pokok Nontunai (BPNT) pada masyarakat pada bulan September 2022. Adapun bantuan ini diberikan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Besaran bantuan yang diberikan Rp2,4 juta per tahun yang diberikan secara bertahap Rp200.000 per bulan. Bantuan ini disalurkan lewat PT Pos Indonesia.

5. BLT UMKM

BLT UMKM juga dikabarkan akan cair pada September 2022. Adapun bantuan ini akan diberikan kepada 12 juta masyarakat yang bekerja sebagai pedagang kaki lima, nelayan, pemilik warung, dan pengusaha mikro. Bantuan yang diberikan senilai Rp600.000 yang disalurkan lewat bank-bank Himbara atau bank BUMN.

6. Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah program yang hingga kini masih berjalan dan sudah memasuki Gelombang 43. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi akan memperoleh insentif Rp2,4 juta per peserta yang lolos. Insentif tersebut diberikan secara betahap Rp 600.000 per bulan.

Demikian informasi mengenao daftar bansos cair bulan September 2022 guna membantu dalam meringankan masyarskat yang terdampak pandemi Covid-19. (*)

Editor: Yunike Purnama
Tags Bansos COVID-19Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS