Ciptakan Rumah Menjadi Smart Home, Berikut Tipsnya!

Yunike Purnama - Sabtu, 29 Oktober 2022 14:41
Ciptakan Rumah Menjadi Smart Home, Berikut Tipsnya!Seiring berjalannya waktu, rumah pun tak ketinggalan untuk bergantung dengan teknologi. (sumber: Shutterstock )

BANDAR LAMPUNG - Perkembangan teknologi berjalan begitu masifnya. Semua sisi kehidupan tidak terlepas dari yang namanya teknologi. Mulai dari bangun hingga tidur, berangkat hingga pulang kerja, dan rebahan hingga menonton hiburan. Semua aktivitas tersebut mampu ditunjang oleh teknologi yang memadai.

Seiring berjalannya waktu, rumah pun tak ketinggalan untuk bergantung dengan teknologi. Saat ini, smart home mulai menjamur. Smart home mampu menghadirkan sisi modern dan canggih di dalam rumah.

Semua perangkat rumah tangga yang terhubung dengan aplikasi dapat mempermudah kerja kita di rumah. Di lain sisi, menciptakan smart home, rumah akan menjanjikan tingkat kenyamanan yang belum pernah ada sebelumnya.

Jika ingin menjadikan rumah yang ditinggali saat ini menjadi smart home, kalian harus mengambil langkah jitu seperti di bawah ini ya:

1. Gunakan Pintu Berbasis Fingerprint

Salah satu langkah sederhana yang bisa membuat rumah menjadi smart home adalah dengan mengganti kunci pintu. Jika kalian masih menggunakan kunci konvensional, segera beralih menggunakan kunci berbasis fingerprint ya!

Selain terkesan canggih dan modern, kunci berbasis fingerprint juga semakin menambah tingkat keamanan rumah lho! Dengan kunci jenis itu, sulit rasanya untuk dijebol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Sematkan Lampu LED

Beralih ke dalam rumah! Kalian bisa menyematkan lampu LED untuk penerangan ruangan. Selain akan memberikan kesan “smart”, lampu jenis ini juga sangat menghemat energi lho!

Kerennya lagi, sekarang sudah banyak lampu LED yang bisa diatur melalui smartphone. Kalian bisa mengatur tingkat kecerahan lampu, kapan lampu akan dinyalakan atau dimatikan, hingga mengganti mode lampu sesuai dengan mood yang sedang dirasakan.

3. Gunakan CCTV Interior

Salah satu alat yang bisa meningkatkan keamanan rumah adalah CCTV. Tak hanya diletakkan di luar saja, CCTV juga penting disematkan di dalam ruangan. Kalian bisa gunakan CCTV interior melalui smartphone lho!

CCTV interior juga sangat penting untuk kalian yang sudah memiliki anak. Dengan CCTV interior, kalian bisa mengawasi anak ketika tidur hingga main. Dan yang praktisnya, bisa diawasi 24 jam hanya lewat smartphone!

5. Pakai Smart AC

Yang terakhir, jangan lupa juga untuk memasang smart AC dalam rumah ya! Pemasangan ini ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih ketika kalian sedang istirahat atau bekerja dari rumah. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS