Cetak Lulusan Bersertifikasi Nasional, IIB Darmajaya Bentuk LSP

Yunike Purnama - Kamis, 25 Agustus 2022 19:30
Cetak Lulusan Bersertifikasi Nasional, IIB Darmajaya Bentuk LSPDarmajaya mengikuti Apresiasi Calon Lembaga Sertifikasi Profesi (CLPS) yang diselenggarakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). (sumber: Ist)

BANDAR LAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengikuti Apresiasi Calon Lembaga Sertifikasi Profesi (CLPS) yang diselenggarakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) secara daring pada Rabu, 24 Agustus 2022.

Apresiasi CLPS merupakan rangkaian dalam pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) oleh BNSP. Kegiatan yang dilakukan secara daring tersebut dihadiri perwakilan BNSP Drs. Mulyanto, M.M. selaku anggota Badan Lisensi.

Drs. Mulyanto, M.M., mengatakan terdapat hal yang perlu diperhatikan dalam pembentukan LSP. “Seperti sarana, SDM, dan support penuh dari pimpinan perguruan tinggi,” ungkapnya.

LSP, lanjut dia merupakan penjaminan mutu dari sebuah kompetensi. “LSP ini tidak hanya sebagai penyelenggara karena akan menyusun materi uji kompetensi untuk menghasilkan peserta ataupun lulusan yang kompeten,” tuturnya.

Dalam sambutannya Wakil Rektor 1 IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., mengatakan IIB Darmajaya memiliki komitmen dalam meningkatkan pembelajaran berkualitas menjadi hal yang penting untuk memberikan sertifikasi kepada lulusan. 

“Keahlian yang diberikan selama ini menjadi lebih lengkap dengan adanya sertifikasi untuk menunjang persaingan di dunia kerja,” ungkapnya.

Warek satu pun mendukung penuh dalam pembentukan LSP sebagai lembaga peningkatan mutu pendidikan di IIB Darmajaya.

“Dengan terbentuknya LSP menjadi lulusan tersertifikasi dengan keahlian dari bidang keilmuan di kuliahnya,” tuturnya.

Sementara, Kepala UPT Pelatihan selaku PIC LSP IIB Darmajaya, Riko Herwanto, S.Kom., M.T.I., mengatakan pendirian LSP IIB Darmajaya ini sebagai wadah untuk mensertifikasi lulusan kampus biru.

Sertifikasi didapatkan dari matakuliah unggulan tiap prodi dan disesuaikan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). “Sertifikat ini nantinya akan menjadi dokumen penyerta ijazah,” ungkapnya.

Menurut dia, pembentukan LSP dimulai sejak tahun lalu,  sehingga saat ini adalah tahapan apresiasi atas usaha bentukan CLSP IIB Darmajaya oleh Badan Nasional Setifikasi Profesi (BNSP). 

Tahap selanjutnya adalah Full Assesment (verifikasi lapangan) sampai diterbitkannya Lisensi atas LSP IIB Darmajaya. “Setelah diterbitkannya lisensi oleh BNSP maka LSP akan membuat skema kompetensi didasarkan matakuliah unggulan dari tiap prodi,” bebernya.

Dia berharap LSP IIB Darmajaya bisa memperkaya skema sertifikasi dengan bertambahnya  jumlah skema dan aksesor tiap periode semester. 

“LSP ini juga dalam mendukung peningkatan kompetensi lulusan dalam meraih persaingan dunia kerja,” pungkasnya.

Dalam kegiatan apresiasi turut juga dihadiri Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I.; Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Aswin, S.E., M.M., Kepala UPT Pelatihan Riko Herwanto, S.Kom., M.T.I., dan panitia pelaksana CLSP IIB Darmajaya. (*)

Editor: Yunike Purnama
Tags CLPS Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS