Cegah Workplace Bullying Unilever Luncurkan E-Booklet, Bisa Diunduh Gratis!

Yunike Purnama - Jumat, 18 November 2022 11:29
Cegah Workplace Bullying Unilever Luncurkan E-Booklet, Bisa Diunduh Gratis!Ilustrasi logo Unilever (sumber: Times Indonesia )

BANDAR LAMPUNG - Unilever Indonesia berkolaborasi dengan komunitas anti-bullying Sudah Dong meluncurkan e-booklet bertajuk "Sadari, Kenali, Atasi Workplace Bullying" untuk mendorong komitmen masyarakat melawan workplace bullying, serta merangkul banyak perusahaan untuk memiliki sistem, struktur dan kepemimpinan yang berpihak pada anti-bullying.

Seperti diketahui, workplace bullying menjadi perilaku yang mengganggu kesehatan fisik dan mental seseorang yang dilakukan secara terus-menerus dalam bentuk kekerasan verbal, perilaku ofensif, ancaman, mempermalukan, hingga menyabotase suatu pekerjaan.

Volunteer dari komunitas Sudah Dong, Tantri Arihta Sitepu mengatakan bahwa saat ini masih diperlukan edukasi lebih banyak tentang bagaimana perusahaan mampu memastikan bahwa para pekerja merasa aman, nyaman, dan, utamanya, terlindungi dari tindakan workplace bullying ataupun bentuk kekerasan lainnya.

Memastikan keamanan serta kenyamanan pekerja saat bekerja, baik di kantor maupun secara remote dengan menyediakan aturan dan sanksi yang jelas merupakan kewajiban semua perusahaan, layaknya Unilever Indonesia yang sudah secara sistematis menjalankan hal tersebut,"ujarnya dikutip Jumat, 18 November 2022. 

Melalui kolaborasi e-booklet ini, Unilever dan Sudah Dong menjabarkan pemahaman mengenai workplace bullying, cara mengidentifikasi tindakan, hal yang harus dilakukan saat menjadi korban maupun saksi, panduan bagi perusahaan untuk menegakkan komitmen anti-bullying di lingkungan kerja, hingga contoh best practice yang dapat dilakukan perusahaan.

Sementara itu, Head of Communication PT Unilever Indonesia, Tbk Kristy Nelwan mengungkapkan selain informasi satu arah, terdapat pula games interaktif yang dapat menjadi bahan evaluasi untuk melihat di mana posisi kita saat workplace bullying terjadi di sekitar dalam e-booklet tersebut.

E-booklet ini dapat diakses publik secara gratis melalui situs https://www.sudahdong.com/buku-panduan/ dan akan disebarluaskan ke berbagai pihak guna meningkatkan awareness dan menegakkan berbagai kebijakan yang konkret terkait workplace bullying," jelasnya.

Program yang juga diluncurkan pada semangat Hari Toleransi Internasional ini sejalan dengan strategi 'The Unilever Compass', dimana Unilever Indonesia ingin terus berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan inklusif, termasuk dengan menerapkan prinsip zero tolerance untuk bullying di tempat kerja.

"Berpegang pada kode etik bernama Respect, Dignity & Fair Treatment (RDFT), kami menindak tegas perilaku menyinggung, mengintimidasi, atau menghina, termasuk segala bentuk pelecehan atau bullying atas dasar perbedaan ras, usia, peran, gender, agama, kondisi fisik, kelas sosial, hingga pandangan politik sekalipun," pungkasnya. (*)
 

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS