Cara Nyentrik Reddit Gelar Earning Calls Perdana

Yunike Purnama - Jumat, 10 Mei 2024 09:57
Cara Nyentrik Reddit Gelar Earning Calls PerdanaIlustrasi (sumber: Ist)

JAKARTA - Reddit baru saja mengadakan earning calls pertamanya sejak initial public offering (IPO) dan menjadi perusahaan publik. Raksasa media sosial ini menghelat earning calls pada Selasa sore, 7 Mei 2024. 

Mereka melakukan earning call perdana ini dengan gaya yang khas Reddit dengan menjawab pertanyaan langsung dari perusahaan investasi para pengguna situs tersebut. Untuk mendapatkan pertanyaan dari para pengguna, Reddit menggunakan subreddit r/RDDT, di mana pengguna dapat mengajukan pertanyaan mereka. 

CEO Steve Huffman mengatakan bahwa ini adalah praktik yang akan berlanjut di masa depan. Meskipun hanya dua pertanyaan yang dijawab dalam panggilan tersebut, tim eksekutif Reddit berencana untuk menjawab pertanyaan lainnya di subreddit setelahnya. 

Pertanyaan dari pengguna Reddit menyoroti minat serius dari para investor, yang mencari informasi tentang arah masa depan perusahaan. Ini menunjukkan bahwa pengguna Reddit yang juga investor, termasuk yang mendapatkan saham pada saat penawaran umum perdana, mengambil peran aktif dalam memahami kondisi dan prospek bisnis Reddit.

Beberapa pertanyaan yang diajukan adalah tentang inisiatif perusahaan dalam mengatur lisensi data untuk model kecerdasan buatan (AI) dan tentang jenis iklan yang bertanggung jawab atas peningkatan pendapatan yang kuat. 

Huffman menjawab pertanyaan tentang lisensi AI dengan mengatakan bahwa Reddit sedang memilih mitra secara hati-hati dan sedang berbicara dengan perusahaan besar dan kecil di ruang AI. 

Dalam earning calls itu, Reddit melaporkan kerugian sebesar US$8.19 per saham untuk kuartal yang lalu. Namun, pendapatannya melebihi perkiraan, yaitu mencapai US$243 juta, dibandingkan dengan perkiraan analis sebesar US$212.8 juta.

Jen Wong, Chief Operating Officer Reddit, menjelaskan bahwa pertumbuhan pendapatan didorong oleh pertumbuhan baik dalam pasokan maupun permintaan iklan, dengan iklan yang tertanam dalam percakapan mencatat pertumbuhan yang signifikan.

Meskipun beberapa pertanyaan lucu juga diajukan, seperti tentang kemungkinan penjualan mayoritas saham Reddit kepada perusahaan seperti Alpha atau Nvidia, Reddit tetap fokus pada pertanyaan yang serius tentang arah bisnis mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa Reddit, sementara tetap mempertahankan identitas uniknya, juga serius dalam berurusan dengan para investor dan pengguna yang tertarik dengan perkembangan perusahaan. 

Dengan demikian, earning calls ini tidak hanya memberikan gambaran tentang kinerja finansial Reddit, tetapi juga tentang hubungannya dengan komunitas pengguna dan investor yang menjadi bagian integral dari platform ini. (*)

Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS