Cara Menonaktifkan Whatsapp untuk Sementara

Yunike Purnama - Sabtu, 20 November 2021 15:58
Cara Menonaktifkan Whatsapp untuk SementaraIlustrasi aplikasi WhatsApp (sumber: AFP/Kirill Kudryavtsev )

KEMAJUAN di bidang teknologi informasi dan komunikasi belakang semakin terasa dampaknya. Masyarakat menjadi lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain dan mengakses berita dengan mudah.

Namun, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi tersebut sering kali membuat seseorang merasa tidak memiliki waktu untuk dirinya sendiri. Keseharian seseorang kerap dihabiskan untuk berkirim atau berbalas chat dengan teman, keluarga, atau rekan kerja.

Beberapa media sosial, seperti Twitter, Facebook, atau Instagram menyediakan tombol sign out untuk keluar dari akun dan aplikasi. Hal itu memudahkan pengguna yang jenuh dan ingin melakukan detox media sosial.

Namun, tidak demikian dengan WhatsApp. Pengguna tidak bisa keluar masuk akun seperti media sosial lain. Sebab, WhatsApp tidak menyediakan tombol sign out.

Meskipun saat ini masih belum ada cara untuk menonaktifkan atau keluar dari akun WhatsApp dalam waktu terbatas, ada trik bisa dilakukan untuk menonaktifkan sementara WhatsApp tanpa uninstall.

Berikut ini adalah cara menonaktifkan WA untuk sementara:

Menonaktifkan WA tanpa perlu meng-uninstall-nya dari perangkat kamu:

Buka Pengaturan/Settings

Buka Aplikasi/System apps

Buka Daftar Aplikasi/Manage Apps

Pilih aplikasi WhatsApp

Ketuk Notifikasi dan nonaktifkan semua pemberitahuan

Nonaktifkan juga getaran dan tampilan WA di layar depan

Sekarang, jika mendapat pesan di WhatsApp, kamu tidak akan mendapat pemberitahuan lagi. Pesan tersebut juga tidak akan muncul di layar ponsel kita. Kamu bisa mengetahui ada chat di WA hanya jika kamu membuka aplikasinya.

Cara kedua yang mungkin bisa Anda lakukan adalah mematikan data seluler. Ini berguna agar pesan yang dikirim orang kepada kamu tidak sampai.

Caranya:

Buka Pengaturan/Settings

Buka Aplikasi/System apps

Buka Daftar Aplikasi/Manage Apps

Pilih aplikasi WhatsApp

Ketuk Force Stop

Jika kamu tidak ingin pengirimnya mendapat notifikasi ceklis dobel yang menunjukkan bahwa pesan telah terkirim dan diterima. Jangan buka WhatsApp setelah mengetuk tombol Force Stop. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS