Cara Memaksimalkan Akun Linkedin agar Cepat Dapat Pekerjaan

Yunike Purnama - Senin, 21 Februari 2022 09:14
Cara Memaksimalkan Akun Linkedin agar Cepat Dapat PekerjaanIlustrasi aplikasi LinkedIn (sumber: Shutterstock)

BANDARLAMPUNG - Linkedin merupakan media sosial dengan target kalangan profesional, yang digunakan untuk memperluas jaringan hingga pengembangan karier. Berbeda dengan media sosial lain seperti Instagram, Facebook ataupun Twitter dengan jangkauan pengguna dan fungsi yang lebih beragam.

Salah Satu fungsi dari Linkedin yang memang sudah banyak digunakan adalah sebagai salah satu portal pencarian kerja, hal ini merupakan salah satu fitur andalan Linkedin yang memang banyak sekali perusahaan memberikan kesempatan bekerja melalui platform ini. 

Berikut tips yang bisa kamu gunakan, agar bisa lebih cepat mendapatkan pekerjaan lewat Linkedin.

Gunakan foto profil yang profesional

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, LinkedIn merupakan media sosial yang penggunanya berasal dari kalangan profesional, maka kamu dapat memulai dengan menggunakan foto profil yang formal atau pantas untuk dilihat.

Kamu bisa menggunakan foto yang menggambarkan pekerjaan, minat ataupun pengalaman profesional hingga menggunakan pas foto, ada baiknya untuk menghindari foto selfie, karena hal ini menunjukan kamu tidak serius dalam membangun relasi

Lengkapi Profil dan Headline LinkedIn

Jika kamu ingin menarik minat dari para profesional recruiter, kamu dapat memulainya dengan melengkapi profil LinkedIn sebaik mungkin. Usahakan untuk menulis minat, kemampuan dan pengalam anda secara spesifik dan detail, kamu juga dapat menuliskan pencapaian yang telah didapat dalam profil Linkedin agar lebih meyakinkan pada recruiter terkait kemampuan dan pengalaman yang dimiliki.

Tidak lupa untuk mengisi Headline pada profil LinkedIn, kamu bisa mengisinya menggunakan posisi terakhir dari pekerjaan, pendidikan terakhir, jurusan hingga minat kerja, headline dapat memudahkan para recruiter untuk menemukan profil kamu jika mereka membutuhkan karyawan yang sesuai dengan penulisan di headlinemu.

Perluas Jaringan 

Salah satu fungsi LinkedIn memang digunakan untuk memperluas jaringan di kalangan profesional, maka jangan sungkan untuk memperluas jaringan kamu dengan orang-orang di LinkedIn.

Jika kamu menggunakan Linkedin untuk mencari pekerjaan, kamu bisa memulai dengan menambahkan para Human Resources atau Recruiters sebagai koneksi LinkedIn, dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi pekerjaan dari tangan pertama, tidak hanya terkoneksi, tetapi jangan sungkan untuk sesekali berkomunikasi dengan para recruiter untuk menambah jaringan dan memudahkan kamu mendapatkan pekerjaan.

Tidak Pasif

Layaknya media sosial yang lain, kamu bisa mengunggah postingan berupa tulisan foto maupun video di LinkedIn, tapi perlu di ingat setiap postingan yang kamu buat mencerminkan dirimu, hindari membagikan keluh kesahmu di LinkedIn, hal ini hanya akan menimbulkan pandangan negatif dari para koneksi profesionalmu.

Kamu dapat membagikan postingan dari kegiatan positif yang dilakukan, seperti membagikan pencapaian yang kamu miliki dan hasil karya, kamu juga dapat berinteraksi dengan koneksimu seperti mengomentari atau membagikan ulang postingan orang lain, memberikan selamat terhadap pencapaian orang lain, memberikan apresiasi dan berbagai bentuk interaksi lainnya.

Gunakan Fitur Pencarian Kerja

Di LinkedIn kamu dapat menggunakan fitur "Pekerjaan" yang memiliki banyak sekali informasi terkait lowongan pekerjaan.  Kamu dapat menggunakan fitur dengan sangat spesifik, seperti memilih jenis pekerjaan, lokasi perusahaan, nama perusahaan, hingga tingkat kemampuan yang dibutuhkan.(*)

Artikel ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Meriana pada 21 Feb 2022.

 

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS