BNI Kucurkan Kredit Investasi untuk Garudafood

Yunike Purnama - Rabu, 01 Desember 2021 12:21
BNI Kucurkan Kredit Investasi untuk GarudafoodSeremoni pemberian kredit investasi antara Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dengan Direktur Utama Garudafood Hardianto Atmadja pada Selasa (30/11/2021). (sumber: Dok BNI)

JAKARTA - Ekspansi kinerja ekonomi riil pada akhir tahun ini semakin menguat. Kerja sama strategis antar pelaku usaha besar dengan perbankan pun semakin marak demi menjawab potensi pengembangan bisnis tahun depan. 

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memberikan pembiayaan senilai Rp1 triliun kepada PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD).

Fasilitas kredit bilateral ini akan digunakan untuk mengakuisisi fasilitas club deal dari sejumlah bank kepada GOOD dalam rangka akuisisi saham PT Mulia Boga Raya, Tbk, serta untuk pembiayaan utang bank jangka panjang. 

Dalam skema ini, BNI memberikan fasilitas kredit investasi dengan jangka waktu pembiayaan selama 60 bulan.

Ke depan, diharapkan akan terjalin kerja sama bisnis yang menyeluruh antara kedua pihak dengan mengoptimalkan potensi pembiayaan value chain perusahaan, cash management, payment channel, serta produk konsumer karyawan, baik dana maupun pinjaman. Kolaborasi ini tentunya dengan penyediaan solusi digital dari BNI untuk GOOD.

Adapun, pemberian fasilitas kredit investasi ini ditandai melalui penandatanganan perjanjian kredit antara Pemimpin Divisi Corporate Banking 1, I Made Sukajaya, dengan Direktur Utama Garudafood, Hardianto Atmadja, di Graha BNI, Senin (22/11/2021) lalu. Seremoni pertukaran plakat dilanjutkan antara Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dengan Direktur Utama Garudafood Hardianto Atmadja pada Selasa (30/11/2021).

Royke menyampaikan pemberian fasilitas kredit ini merupakan salah satu komitmen BNI sebagai perbankan nasional turut mendukung perkembangan bisnis sektor prioritas, termasuk industri FMCG.

Industri FMCG merupakan salah satu industri yang cukup resilient dalam menghadapi dampak negatif pandemi Covid-19. Industri ini dapat bertahan dan terus menumbuhkan bisnisnya dalam mendukung akselerasi pemulihan perekonomian nasional. Perbankan pun cukup terbantu lantaran industri FMCG memiliki kualitas kredit terjaga dan terus menyerap kredit perbankan secara konsisten.

"Fasilitas pembiayaan ini menunjukkan komitmen BNI untuk meningkatkan pembiayaan pada sektor manufaktur seperti pada industri makanan dan minuman. Terlebih, sektor ini menjadi salah satu dari 5 sektor prioritas pemerintah dalam implementasi ekonomi sirkular, yang dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia," kata Royke.

Ia melanjutkan, BNI sebagai Bank Internasional pun memiliki solusi keuangan yang lengkap untuk membantu Garudafood yang saat ini telah menembus pasar ekspor ke 26 negara berfokus di negara-negara ASEAN, China, dan India. "Kami juga memiliki basis data pelaku usaha internasional lengkap yang nantinya akan menjadi Garudafood untuk lebih meningkat penetrasi luar negerinya," ujar Royke.

Sementara Hardianto Atmadja mengapresiasi komitmen serta langkah proaktif untuk membantu akselerasi kinerja perseroan di tengah masa pemulihan ekonomi. "Kami berterima kasih kepada BNI karena telah memberikan kepercayaan kepada kami dalam pengajuan kredit investasi untuk keperluan refinancing sebagian dari kredit sindikasi yang sudah ada," ujarnya.

Ia pun optimistis Garudafood dapat terus meningkatkan tren kinerja positif hingga akhir 2021.

Sebagai informasi, di tengah perlambatan ekonomi yang sempat kembali terjadi akibat hantaman gelombang kedua pandemi Covid-19 di sebagian wilayah Indonesia, kinerja Garudafood di YTD 3Q2021 mencatatkan kinerja positif di YTD 3Q2021 dengan total penjualan bersih sebesar Rp6.369 miliar atau tumbuh 10,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Laba bersih yang dibukukan juga mengalami peningkatan sebesar 87,6 persen atau Rp370 miliar jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya dan diikuti dengan laba per lembar saham yang juga tumbuh sebesar 48,9 persen. (*)
 

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS