Bio Farma Produksi 4 Juta Vaksin Covid-19

Yunike Purnama - Senin, 25 Januari 2021 02:37
Bio Farma Produksi 4 Juta Vaksin Covid-19Ilustrasi vaksin Covid-19. (sumber: Pexels)

 

Kabarsiger.com – PT Bio Farma (Persero) mengungkapkan jumlah produksi vaksin corona jadi atau siap pakai sudah mencapai 4 juta dosis per 21 Januari 2021.

Jumlah ini tinggal menanti pemberian sertifikat lot release dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). “Status produk-produk tersebut saat ini sedang dalam tahap proses quality control yang akan dikirimkan ke Badan POM untuk mendapatkan lot release agar dapat didistribusikan,” kata Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir.

Sertifikat lot release dari BPOM menunjukkan kelayakan dan keamanan vaksin untuk digunakan masyarakat. Bila sudah mendapat persetujuan dari BPOM, vaksin jadi akan didistribusikan ke daerah mulai Februari 2021.

Distribusi akan dilakukan melalui jaringan perusahaan dan anak usaha. Ia menyebut Bio Farma dan para anak usahanya, yaitu PT Indofarma (Persero) Tbk dan PT Kimia Farma (Persero) Tbk memiliki total 48 cabang penyimpanan di berbagai wilayah.

“Bio Farma sudah menyiapkan digital solution yang bersifat end-to-end mulai dari pabrik produksi, proses distribusi dan sampai di tujuan akhir. Proses pendistribusian dapat di monitor real time di command center holding BUMN Farmasi,” ujarnya dilansir dari Antara, Sabtu (23/1/2021).

Setelah jadi, vaksin memiliki daya tahan sekitar 1 tahun sampai 1,5 tahun. Syaratnya, vaksin disimpan dengan kondisi suhu 2 derajat sampai 8 derajat celcius sebelum digunakan. (*)

 

Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS