Kolaborasi dengan Farmasi India, Kalbe Farma Luncurkan Antivirus Covid-19 Baru

Chairil Anwar - Jumat, 18 Februari 2022 19:52
Kolaborasi dengan Farmasi India, Kalbe Farma Luncurkan Antivirus Covid-19 BaruKerja sama Kalbe dengan Amarox dalam meluncurkan obat antivirus COVID19 baru. (sumber: Kalbe.co.id)

JAKARTA — PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) berkolaborasi dengan PT Amarox Global Pharma (Amarox), anak usaha Hetero suatu perusahaan farmasi asal India, memasarkan  antivirus Covid-19 terbaru (Movfor) atau Molnupiravir.

Movfor merupakan obat terapi Covid-19 bagi pasien berumur 18 tahun dengan gejala ringan hingga sedang, yang tidak memerlukan oksigen dan memiliki indikasi menjadi infeksi berat, sesuai dengan pedoman tatalaksana Covid-19 di Indonesia.

Movfor merupakan antivirus baru yang telah mendapatkan Emergency Use Authorization dari FDA Amerika Serikat maupun dari BPOM pertama di Indonesia dan telah resmi diluncurkan pada 15 Februari 2022 oleh PT Amarox Global Pharma.

General Manager PT Amarox Pharma GlobalSandeep Sur mengungkapkan Mofvor telah digunakan di India dan beberapa negara ASEAN.

"Berdasarkan hasil uji klinis fase 3, Molnupiravir efektif pada varian virus SARS-CoV-2 yang ada saat ini dan berpotensi menghambat infeksi varian Omicron SARS-CoV-2 dengan hasil RT-PCR viral clearance 100 % pada hari ke-5,” kata Sandeep dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat, 18 Februari 2022.

Direktur Kalbe Mulia Lie mengatakan perseroan akan mendukung pemerintah dalam menanggulangi Covid-19. Ia melanjutkan dengan kemampuan infrastruktur pemasaran dan distribusi perseroan yang kuat, diharapkan dapat mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19 dengan mengejar askses dan ketersediaan obat yang lebih luas di Indonesia.

"Kerja sama pemasaran obat Movfor (Molnupiravir) merupakan kelanjutan dari kerja sama obat Covid-19 lainnya yakni Covifor (Remdesivir) dan Fluvir (Oseltamivir). Ketiga obat antivirus ini akan membantu memperkuat ketersediaan obat Covid-19 bagi masyarakat,” kata Mulia.

Sebelumnya, Kalbe telah bekerja sama dengan Amarox sebagai mitra dalam pemasaran distribusi obat antivirus Covid-19.

"Amarox Pharma Global (Hetero) kembali berkolaborasi dengan Kalbe untuk melakukan pemasaran bersama Movfor (Molnupiravir) untuk meningkatkan dan memperluas akses obat ini bagi pasien Covid-19 di seluruh Indonesia, melanjutkan kerja sama yang sudah berjalan terkait obat anti virus Covid-19”, imbuh Sandeep Sur. (RIL) 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Merina pada 18 Feb 2022 

Editor: Chairil Anwar
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Lihat semua artikel

RELATED NEWS