Berikut 6 Faktor yang Berpengaruh Besar untuk Industri Perbankan pada 2023

Yunike Purnama - Rabu, 18 Januari 2023 10:38
Berikut 6 Faktor yang Berpengaruh Besar untuk Industri Perbankan pada 2023Ilustrasi perbankan (sumber: Thinkstockphoto)

BANDAR LAMPUNG -  Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Sunarso mengatakan soal adanya enam faktor yang berpengaruh besar terhadap industri perbankan Indonesia pada 2023.

Hal tersebut diungkapkan Sunarso dalam webinar Tren Perbankan di 2023 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Institute pada Selasa, 17 Januari 2023.

Bonus Demografi 

Faktor yang pertama adalah bonus demografi penduduk dalam negeri. Menurut Sunarso, segmen penduduk usia produktif masih akan meningkat.

Bonus demografi sendiri adalah keadaan yang lazim dialami oleh sebuah negara, dimana jumlah populasi penduduk dengan usia produktif lebih besar dibandingkan dengan penduduk usia tidak produktif.

Perubahan Perilaku Nasabah

Kemudian, faktor yang kedua adalah perubahan perilaku nasabah, yang mana saat ini frekuensi transaksi digital terus meningkat.

"Kita harus tetap memperhatikan perilaku nasabah bahwa transaksi pembayaran digital itu meningkat lebih dari 30%, sedangkan transaksi tunai turun," ujar Sunarso.

Bisnis Berorientasi ESG

Sunarso melanjutkan, faktor yang ketiga adalah penerapan bisnis yang berorientasi pada nilai lingkungan, sosial, dan lingkungan (environmental, social, and governance/ESG).

Menurut Sunarso, preferensi investor terhadap produk jasa keuangan yang berbasis implementasi ESG akan sangat berpengaruh terhadap pergeseran tata kelola dan bisnis perbankan ke depannya.

Suku Bunga

Faktor yang keempat berkaitan dengan suku bunga yang mendorong tekanan terhadap marjin bunga bersih (net interest margin/NIM).

Sunarso mengatakan, tren inflasi yang sudah berlangsung sejak 2022 telah direspon dengan kenaikan suku bunga dari bank sentral di berbagai belahan dunia.

Sementara itu, para pelaku perbankan, termasuk di BRI, tidak bisa begitu saja mendongkrak suku bunga kredit.

"Low interest rate environment ini masih berlanjut, dan tren penurunan credit yield ternyata berdampak pada NIM bank akan semakin tertekan. Di 2010 itu (NIM) sekitar 10%, kemudian di 2022 6%. Saya yakin ini akan tetap terus menekan kita," papar Sunarso.

Utiliasi Data dan Teknologi 

Faktor kelima yang akan berpengaruh terhadap tren perbankan adalah utiliasi data dan teknologi, khususnya yang berhubungan dengan data analytic untuk mempercepat proses bisnis credit underwriting dan pemasaran.

Kedua hal tersebut dikatakan Sunarso dapat mempercepat proses bisnis dan meningkatkan produktivitas industri perbankan di dalam negeri.

Fintech

"Faktor terakhir adalah kompetisi di fintech. Persaingan yang semakin ketat seiring dengan pemain-pemain nonbank seperti fintech, dan itu akan meramaikan industri jasa keuangan," ungkap Sunarso. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS