Berikut 5 Alasan Mengapa Influencer Marketing Berkembang Pesat

Yunike Purnama - Minggu, 30 April 2023 10:03
Berikut 5 Alasan Mengapa Influencer Marketing Berkembang PesatInfluencer media sosial adalah orang-orang yang telah memiliki banyak pengikut di media sosial biasanya karena pengetahuan dan keahlian mereka pada topik tertentu. (sumber: Freepik )

BANDARLAMPUNG - Influencer media sosial adalah orang-orang yang telah memiliki banyak pengikut di media sosial biasanya karena pengetahuan dan keahlian mereka pada topik tertentu.

Mereka akan memposting konten secara teratur tentang topik keahlian mereka tersebut di platform media sosial dan juga mempromosikan produk. Dalam banyak kasus, influencer adalah orang-orang biasa yang tidak memiliki latar belakang artis atau public figure.

Saat ini, strategi marketing menggunakan influencer sudah dilakukan oleh beragam lini bisnis di berbagai skala mulai dari kecil, menengah, hingga besar.

Perusahaan berlomba-lomba untuk menggunakan influencer yang berpengaruh untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Dengan semakin banyaknya konsumen yang mempercayai influencer, maka potensi keberhasilan strategi marketing ini juga semakin besar.

Melansir dari laman grin.co, Sabtu, 29 April 2023, berikut adalah 5 alasan mengapa influencer marketing berkembang pesat.

1. Bangkitnya media sosial

Media sosial memiliki pengaruh besar pada masyarakat modern saat ini. Laporan We Are Social menunjukkan jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 167 juta orang per Januari 2023. Data ini menunjukkan bahwa media sosial memiliki potensi tak terbatas sebagai alat pemasaran.

2. Meredupnya pemasaran tradisional

Semakin banyaknya orang yang menghabiskan waktu di saluran digital, maka popularitas periklanan tradisional juga menurun dengan cepat.

Iklan tradisional yang dulunya melalui media radio, papan reklame hingga media televisi mulai bergeser menjadi periklanan digital.

3. Membantu memaksimalkan jangkauan brand

Di dunia periklanan saat ini, konsumen mendambakan testimoni yang tulus dan dapat dipercaya. Disinilah influencer memberikan peran. Influencer marketing adalah cara terbaik untuk membujuk konsumen membeli produk melalui seseorang yang familiar dan sudah mereka percayai.

4. Biaya influencer marketing yang terjangkau

Fakta satu ini mungkin lumayan menggelitik, menurut Experticity 82% konsumen memiliki kemungkinan besar akan mengikuti rekomendasi dari influencer mikro.

Meski memiliki jumlah pengikut yang sedikit, influencer mikro lebih mudah didekati karena pengikut mereka lebih intim dan terlibat.

Hal ini tentu menyenangkan pemilik bisnis, karena tarif influencer mikro jauh lebih murah daripada influencer makro. Keterjangkauan ini yang memungkinkan usaha dengan skala apapun mampu menggunakan teknik pemasaran melalui influencer.

5. Hasil yang jelas

Banyak bisnis yang mendapatkan hasil penjualan lebih baik melalui influencer marketing. Influencer marketing dapat memperjelas jangkauan dan menghasilkan brand awareness yang lebih besar. Selain itu melalui jenis topik konten, Anda juga dapat mengelompokkan audiens dari seorang influencer untuk memilih jenis influencer yang tepat dan sesuai untuk produk Anda.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 5 alasan mengapa influencer marketing berkembang pesat. Semoga bermanfaat(*)

Editor: Redaksi
Tags influencerBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS