Baru Menikah? Begini Cara Pintar Kelola Keuangan Keluarga Baru!

Chairil Anwar - Senin, 04 April 2022 07:01
Baru Menikah? Begini Cara Pintar Kelola Keuangan Keluarga Baru! Momen kebahagiaan bersama keluarga (sumber: 2020/02/CINCIN2.jpg)

BANDAR LAMPUNG — Kebanyakan orang yang baru berkeluarga mungkin merasa kesulitan untuk mengatur keuangan keluarganya karena baru memulai hidup bersama. Beberapa keluarga dapat menjadi kurang sejahtera lantaran masalah keuangan yang tidak stabil.  Hal ini biasanya terjadi pada keluarga-keluarga muda yang disebabkan kurangnya ilmu dan kemampuan dalam mengelola keuangan keluarga.

Menurut Manulife, ada beberapa pengetahuan yang wajib dikuasai dalam mengelola keuangan keluarga. Berikut beberapa ilmu yang harus Anda kuasai.

1. Membuat Anggaran Pengeluaran

Dengan membuat daftar kebutuhan dan keinginan keluarga, Anda dapat menyesuaikan anggaran untuk beberapa jangka waktu tertentu sehingga tidak terjadi overbudget . Hal ini akan menghindarkan keluarga Anda dari pengeluaran yang sia-sia dan bukan kebutuhan utama keluarga anda.

2. Tetapkan Tujuan yang Jelas dalam Mengelola Keuangan

Menetapkan sebuah tujuan dalam pengelolaan keluarga akan mempermudah Anda membagi pengeluaran keluarga. Misalnya, saat keluarga Anda pergi ingin berlibur, sebaiknya sudah menyiapkan tabungan yang sudah dikhususkan sebagai dana liburan. Dengan tujuan yang jelas, apa pun pengeluaran keluarga Anda tidak akan mengganggu keuangan l.

3. Membuat Tabungan Keluarga 

 

Ketika Anda sudah berkeluarga, membuat tabungan keluarga sangatlah penting. Beberapa tabungan penting yang harus dimiliki adalah tabungan untuk dana darurat. Maksudnya, tabungan yang ditujukan untuk kondisi darurat contohnya kecelakaan, bencana alam, dan lain-lain. 

Selanjutya, tabungan asuransi keluarga yang berarti tabungan yang digunakan untuk mendukung keuangan keluarga. Contohnya adalah asuransi kesehatan, asuransi bisnis, dan lain-lain. 

Terakhir adalah membuat tabungan untuk hari tua. Tabungan ini merupakan tabungan yang anda siapkan untuk hari pensiun, sehingga saat Anda pensiun keuangan Anda tetap terjamin. (CA)  

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Agnes Yohana Simamora pada 03 Apr 2022 

Editor: Chairil Anwar
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Lihat semua artikel

RELATED NEWS