Bank DBS Fokus Salurkan Pembiayaan ESG, Dukung Realisasi Ekonomi Hijau

Redaksi - Sabtu, 01 Juli 2023 11:34
Bank DBS Fokus Salurkan Pembiayaan ESG, Dukung Realisasi Ekonomi HijauIlustrasi logo bank DBS (sumber: DBS)

JAKARTA - PT Bank DBS Indonesia telah menyalurkan pembiayaan hijau environment, social, and good governance (ESG) senilai SGD 61 miliar sepanjang 2022.

Executive Director, Institutional Banking Group, Bank DBS Indonesia Heru Hatman mengatakan pembiayaan tersebut telah melampaui target dan diperkirakan akan tumbuh SGD 50 miliar hingga tahun 2024.

"Pertumbuhan tersebut dua tahun lebih awal dari jadwal yang diperkirakan sehingga kami dapat terus memaksimalkan potensi pembiayaan berkelanjutan ini," ujar Heru dikutip Sabtu, 1 Juli 2023.

Heru mengungkapkan, pencapaian tersebut karena Bank DBS terus berupaya mendorong nasabah untuk menerapkan praktik-praktik bisnis yang sesuai dengan nilai-nilai ESG.Tujuh Ide Aktivitas Bersama Keluarga yang Seru dan Menyenangkan

"Kami terus menanamkan prinsip bisnis ke retail banking, private banking, small medium, dan korporasi besar, dan lebih dari 50%-nya merupakan bagian dari corporate banking," kata Heru.

Di samping itu, Hingga dari tahun 2020 hingga kuartal II 2023, Bank DBS Indonesia telah menyalurkan pendanaan sekitar Rp 3,9 triliun baik untuk corporate financing maupun proyek terkait ESG.

Di antaranya penyaluran kepada PT Multidaya Teknologi Nusantara (eFishery) untuk pembiayaan modal kerja dengan plafon sebesar Rp 500 miliar, PT Jaya Bumi Paser untuk pembiayaan sebesar USD 37 juta untuk mendukung perkembangan sumber energi terbarukan yang berbasis-biomas.

"Hal ini sejalan dengan komitmen Indika Energi untuk mendukung investasi pada energi transisi dan mendukung usaha untuk mengurangi emisi sebesar 29%," ungkapnya.

Kemudian, untuk mendukung keberlanjutan ESG, Bank DBS Indonesia juga memperkenalkan fitur LiveBetter pada aplikasi digibank by DBS yang memungkinkan nasabah untuk mendapatkan tips akan gaya hidup keberlanjutan.

Heru bilang, kehadiran fitur LiveBetter menjadikan digibank by DBS sebagai one-stop digital platform untuk memenuhi kebutuhan transaksi finansial sekaligus memberikan dampak nyata pada lingkungan.

"Sehingga, tingkat kepedulian masyarakat terhadap investasi dan isu keberlanjutan semakin tinggi," pungkasnya.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan

RELATED NEWS