Asuransi Astra Berhasil Raih Penghargaan di Top CSR Awards 2023

Yunike Purnama - Rabu, 14 Juni 2023 16:19
Asuransi Astra Berhasil Raih Penghargaan di Top CSR Awards 2023Penyerahaan dua penghargaan yang berhasil diraih Asuransi Astra, yaitu Top CSR 2023 5 Star (Level Luar Biasa) dan Top Leader on CSR Commitment 2023 dalam Top CSR Awards 2023 (sumber: Asuransi Astra)

JAKARTA - Memastikan memberikan layanan dan produk dengan kualitas terbaik bagi para pelanggan sudah menjadi tanggung jawab setiap perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Namun tidak hanya itu, masing-masing perusahaan yang berdiri juga perlu menanamkan rasa peduli akan masyarakat dan lingkungan sekitarnya sebagai bentuk tanggung jawab sosial guna memberikan kebermanfaatan yang baik sehingga turut serta dalam membangun ekonomi berkelanjutan untuk bangsa. 

Asuransi Astra menjadi salah satu perusahaan yang terlibat aktif dalam mewujudkan kegiatan corporate social responsibility (CSR) berkelanjutan, berhasil dua penghargaan sekaligus, yaitu Top CSR 2023 5 Star (Level Luar Biasa) dan Top Leader on CSR Commitment 2023 dalam Top CSR Awards 2023.

TOP CSR Awards 2023 merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business guna memberikan apresiasi dan penghargaan tertinggi kepada perusahaan perusahaan di Indonesia yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR dengan pendekatan penciptaan nilai manfaat bersama berhasil. 

Berdasarkan penilaiannya, CSR Asuransi Astra berada di level luar biasa atau Star 5 terkait keselarasan inisiatif CSR dengan strategi bisnis perusahaan, tingkat adopsi ISO 26000 SR dan CSV (Creating Shared Value), Sistem Tata Kelola CSR serta bentuk inovasi yang dapat menjadi contoh/dapat direkomendasikan kepada perusahaan lain. 

Dengan tema “CSR Innovation Programs for Sustainable Business Growth”, harapannya ajang ini juga memiliki tujuan untuk mendorong peningkatan efektivitas dan kualitas program CSR perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Selain itu, Asuransi Astra juga berhasil mendapatkan penghargaan Top Leader on CSR Commitment 2023 yang  diberikan kepada Busines Leader atau Presiden Direktur/Pimpinan Tertinggi di perusahaan yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi CSR di perusahaan. Dalam hal ini, Rudy Chen yang pada tahun ini menjabat sebagai Executive In Charge Astra Financial dinilai mumpuni dan berhasil mendukung seluruh kegiatan CSR yang telah Asuransi Astra canangkan pada tahun 2022 lalu.

Sesuai dengan arti dari sustainability, Asuransi Astra secara berkelanjutan terus berupaya menciptakan hubungan baik dengan para pemangku kepentingan dan masyarakat di sekitar melalui beragam wujud sosial dari tahun ke tahun. 

Hal ini juga diselaraskan dengan tanggung jawab perusahaan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan agar dapat memberikan manfaat di kemudian hari. 

Dibuktikan melalui journey kegiatan sosial perusahaan, seperti tahun 2017, melalui program #BerkahSenyum Asuransi Astra berbagi kebahagiaan melalui kunjungan dan penyaluran bantuan bagi lebih dari 5.000 manula yang tersebar di 68 panti wreda di 23 kota seluruh Indonesia. 

Selanjutnya, #PijarIlmu yang diselenggarakan dua tahun berturut-turut dihadirkan untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia, tahun 2018 Asuransi Astra merevitalisasi 50 perpustakaan dan taman baca di 24 kota di Indonesia serta di tahun 2019 Asuransi Astra merevitalisasi 25 PAUD serta memberikan mobil operasional dan membangun kembali PAUD Hati Nurani di Desa Watu Kawula, Sumba Barat Daya. 

Tidak berhenti disitu, pada tahun 2020 di saat pandemi melanda, Asuransi Astra sigap memberikan bantuan melalui program #MaskerTemanTuli dengan memberikan ribuan masker ramah Tuli serta beasiswa sekolah selama satu tahun kepada seluruh siswa di SLB B Sana Dharma Jakarta Selatan. 

Tahun berikutnya, Asuransi Astra mengajak mahasiswa di seluruh Indonesia untuk ikut serta dalam menciptakan dampak sosial berkesinambungan kepada lingkungan sekitar melalui #AksiMudaIndonesia. 

Asuransi Astra juga menggelar program kampanye berjudul #IndonesiaLangitBiru dalam mewujudkan lingkungan baik yang berkelanjutan untuk generasi mendatang.

Terus semangat menyebarkan manfaat, pada tahun 2022, Asuransi Astra kembali berupaya memberikan peace of mind bagi masyarakat dengan mencanangkan serangkaian aspirasi berkelanjutan dalam kegiatan Estafet Peduli Bumi. 

Kegiatan ini dijadikan wadah dalam mendorong kegiatan Environment, Social, & Government (ESG) Asuransi Astra untuk mengimplementasikan gerakan sustainability sebagai upaya meningkatkan renewal energy dan mengurangi emisi lingkungan guna merawat Bumi dan aspek kehidupan di dalamnya dan telah terwujudkan di 7 kota yakni Medan, Semarang, DKI Jakarta, Balikpapan, Makassar, Denpasar, dan Sumba. Dalam menjalankan misinya, Asuransi Astra mengusung pada keempat pilar, antara lain pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan kewirausahaan.

 -       Pilar pendidikan : Edukasi dan literasi keuangan di sekolah vokasi untuk 936 siswa, edukasi aman berkendara atau safety riding, penyerahan beasiswa pendidikan untuk 80 siswa pendidikan vokasi dan bantuan komputer serta laptop untuk kegiatan operasional 7 SMK hingga peresmian Learning Center English Goes to Kampung pertama di Sumba.

-       Pilar kesehatan : Revitalisasi Posyandu dan pencegahan stunting lebih dari 100 balita dengan memberikan edukasi ke sekolah hingga keluarga dan pemberian gizi.

-       Pilar lingkungan hidup : Melakukan penanaman 11.900 pohon dan mangrove serta 2.000 terumbu karang, kolaborasi bersama Bank Sampah di beberapa wilayah, dan peresmian solar panel kedua di cabang Asuransi Astra.

-       Pilar kewirausahaan : Pemberian dana bergulir bagi 119 UMKM baik di ring 1 perusahaan, penyandang disabilitas, serta di daerah terdepan, tertinggal, dan terluar.

Mewujudkan pendidikan berkualitas, penanganan perubahan iklim, pertumbuhan ekonomi nasional yang lebih baik, serta kehidupan yang sehat dan sejahtera bagi masyarakat merupakan mimpi Asuransi Astra yang akhirnya kami tuangkan dalam misi tanggung jawab sosial. 

Kami berusaha memahami kebutuhan masyarakat agar memberikan hal yang bermakna dan berarti tanpa henti. 

Oleh karena itu, kami ucapkan terima kasih atas dukungan luar biasa para pelanggan dan rekanan serta masyarakat Indonesia kepada Asuransi Astra. 

"Tentunya, kami tidak ingin berjalan sendiri dalam memberikan peace of mind, sehingga kami mengajak masyarakat untuk berani bergerak memberikan manfaat positif bagi diri sendiri, masyarakat dan lingkungan sekitar guna menjaga Bumi ini,” ujar Compliance & Risk Management Director Asuransi Astra, Adi Sepiarso.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS