Asosiasi Industri Saksikan Penyaluran LNG di Terminal FSRU Lampung

Eva Pardiana - Jumat, 23 Agustus 2024 19:42
Asosiasi Industri Saksikan Penyaluran LNG di Terminal FSRU LampungAsosiasi Industri Saksikan Penyaluran LNG di Terminal FSRU Lampung (sumber: PGN)

BANDAR LAMPUNG – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus berupaya memenuhi kebutuhan gas bumi di Indonesia melalui berbagai moda distribusi, termasuk jaringan pipa, Compressed Natural Gas (CNG), dan Liquefied Natural Gas (LNG). Infrastruktur jaringan gas bumi yang terintegrasi memungkinkan PGN untuk memenuhi tingginya permintaan gas bumi dari berbagai sektor dengan menyediakan pasokan yang dapat dikonsumsi oleh pasar domestik.

Mengelola infrastruktur gas bumi memerlukan kompetensi dan proses yang kompleks untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pelanggan selama 24 jam setiap hari. Untuk memberikan pemahaman lebih mendalam kepada para pelanggan industri mengenai upaya PGN dalam memastikan kehandalan pasokan dan layanan, pada 20-21 Agustus 2024, PGN mengundang perwakilan asosiasi industri di Indonesia untuk mengunjungi Terminal LNG Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Lampung, yang terletak di Laut Jawa.

Para peserta kunjungan, yang terdiri dari perwakilan asosiasi industri pengguna gas bumi, menyaksikan langsung proses pemindahan LNG secara ship-to-ship dari kapal pengirim ke FSRU Lampung. Proses tersebut melibatkan pemindahan 132.709 m³ LNG yang dikirim dari BP Tangguh. Selain itu, para peserta juga berdiskusi mengenai operasi FSRU dan mendapatkan edukasi mengenai rantai bisnis LNG.

PGN mengundang berbagai asosiasi industri dalam kunjungan ini, antara lain:
1. Asosiasi Industri Olefin Aromatik dan Plastik Indonesia
2. Asosiasi Produsen Gelas Kaca Indonesia
3. Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia
4. Asosiasi Industri Pengecoran Logam Indonesia
5. Indonesia Rubber Glove Manufacturer Association
6. Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia
7. Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia
8. Asosiasi Produsen Oleochemichal Indonesia
9. Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman

Selain itu, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Provinsi Banten juga turut diundang dalam kunjungan ini.

“Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan proses bisnis kami kepada pelanggan serta memberikan edukasi mengenai kompleksitas operasi PGN dalam menjaga kehandalan layanan," ujar Direktur Komersial PGN, Ratih Esti Prihatini. Ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat komunikasi dan hubungan baik antara PGN dan pelanggannya dalam rangka melaksanakan komitmen bisnis yang berkelanjutan.

Kunjungan ini disambut positif oleh para peserta. "Rangkaian acara yang diselenggarakan sangat baik. Kunjungan ke FSRU Lampung memberikan wawasan baru kepada konsumen mengenai proses pendistribusian LNG dari hulu," ujar Rudy Ramadhan, perwakilan dari Indonesia Rubber Glove Manufacturer Association.

Sebagai bagian dari misinya, PGN berkomitmen untuk menyediakan energi berbasis gas yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan dan mendukung transisi energi di Indonesia. Partisipasi pelanggan dalam bisnis ini sangat penting untuk mendorong pertumbuhan PGN, sehingga seluruh sektor industri yang terlibat dalam rantai pasokan gas bumi dapat berkembang bersama dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang diharapkan banyak pihak. (*)

Bagikan

RELATED NEWS