Asisten Virtual Sabrina, BRI Penuhi Kebutuhan Layanan Nasabah

Yunike Purnama - Senin, 09 Oktober 2023 21:25
Asisten Virtual Sabrina, BRI Penuhi Kebutuhan Layanan Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus mengembangkan Asisten Virtual 'Sabrina' yang siap membantu mengarahkan nasabah untuk mendapatkan layanan perbankan sesuai kebutuhan. (sumber: BRI)

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus mengembangkan Asisten Virtual 'Sabrina' yang siap membantu mengarahkan nasabah untuk mendapatkan layanan perbankan sesuai kebutuhan.

Dengan komunikasi melalui chat WhatsApp ke nomor 0812-12-14017, masyarakat terutama nasabah BRI bisa mengakses beragam fitur menarik. 

Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Andrijanto, mengatakan bahwa kehadiran Sabrina telah terbukti menjadi salah satu solusi salah satu layanan keseharian. 

"Di luar informasi layanan perbankan, Sabrina juga dapat membantu nasabah mencari beragam merchant terdekat yang bisa memfasilitasi pembayaran melalui BRI," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (9/10).

Beberapa kelebihan Sabrina yakni mulai dari cek saldo dan mutasi rekening tabungan, simulasi KPR dan Briguna, status tiket pengaduan BRI, layanan saran digital kantor BRI, live chat, mengetahui lokasi merchant, lokasi agen BRILink hingga mengetahui lokasi ATM/CRM serta kantor Cabang BRI terdekat.

Kedepannya, BRI akan terus meningkatkan layanan keuangan maupun beragam kebutuhan melalui pengembangan teknologi AI (Artificial Intellegance) untuk berbagai lapisan di seluruh Indonesia.

"Dengan Sabrina, proses pemenuhan kebutuhan nasabah bisa lebih mudah, hemat dan efektif,” imbuhnya.

Adapun, untuk memulai percakapan dengan Sabrina sangatlah mudah, hanya melalui chat Sabrina dan ketik apa yang sedang dibutuhkan. Beberapa contoh kata yang dapat digunakan, untuk cek gaji sudah masuk atau belum cukup ketik ”saldo” atau "mutasi."

Sebelumnya, jangan lupa untuk registrasi pada fitur Chat Banking pada BRImo. Kemudian, saat lapar dan mencari restoran terdekat cukup ketik “Lapar”, saat mau belanja bulanan cukup ketik “Supermarket” atau saat mau liburan seru ketik “Staycation”. 

Kemudian kirim lokasi (share location) terkini, Sabrina akan berikan info merchant terdekat untuk pemenuhan kebutuhan tersebut. Pencarian informasi juga dapat dilakukan dengan mengetik “Lokasi Merchant” dan share location terkini, Sabrina akan menampilkan informasi merchant terdekat berdasarkan kategori yang telah dipilih. 

Sebagai informasi, Sabrina merupakan chatbot yang dapat berkomunikasi dalam format percakapan dan dirancang untuk bisa berinteraksi selayaknya interaksi antar manusia. 

Fondasi dibalik teknologi chatbot sendiri adalah teknologi Artificial Intelligence (AI), cabang ilmu komputer yang berkaitan dengan pemecahan masalah-masalah selayaknya manusia seperti berbicara, memahami, ataupun berpikir.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS