Antisipasi Maraknya KDRT, Walikota Eva Dwiana Melantik 1.260 Relawan SAPA

M. Iqbal Pratama - Selasa, 30 Mei 2023 13:43
Antisipasi Maraknya KDRT, Walikota Eva Dwiana Melantik 1.260 Relawan SAPAWalikota Bandarlampung resmi melantik 1.260 relawan sahabat perempuan dan anak (SAPA). (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabarsiger)

BANDARLAMPUNG - Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), Pemerintah kota Bandarlampung resmi melantik 1.260 relawan sahabat perempuan dan anak (SAPA).

Pengukuhan relawan SAPA tersebut dilakukan oleh Walikota Bandarlampung Eva Dwiana, di Aula Gedung Semergou, Selasa (30/5/2023).

Selain itu, relawan SAPA yang berada di setiap kelurahan ini juga mereka bertugas untuk melakukan sosialisasi terkait kelurahan ramah perempuan dan peduli anak (KRPPA) di Kota Bandarlampung.

“KDRT ini urgent. Tapi kadang-kadang mereka gak mau menginformasikannya pada kita. Inilah tugas para relawan untuk memantau keadaan kelurahannya masing-masing supaya tidak ada lagi kekerasan perempuan dan anak anak,” kata Eva.

Eva mengaku, rata-rata kasus kekerasan dalam rumah tangga terjadi karena faktor ekonomi.

Sehingga pihaknya juga saat ini menggalakan beberapa program peningkatan perekonomian, seperti pelatihan ibu rumah tangga dan modal untuk UMKM.

“Bunda juga minta tolong lurah dan camat nya juga bantu kader ini. Jangan sampai ada hal-hal yang  kurang baik dan meresahkan, karena tugas kita memberikan kenyamanan untuk anak dan perempuan,” terangnya.

Eva juga menginbau kepada siapapun agar tidak perlu merasa malu dan takut untuk melaporkan jika ada KDRT di rumahnya. Tidak perlu menunggu lama, langsung laporkan saja pada kader di kelurahannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Bandar Lampung, Maryamah menyampaikan lokus pertama untuk dilakukan pembinaan kelurahan ramah perempuan dan anak adalah Kelurahan Penengahan, Kecamatan Kedaton.

“Tapi seluruh kelurahan sudah harus punya komitmen untuk menjadikan kelurahannya ramah perempuan dan anak. Jadi tiap kelurahan kita mempunyai 10 relawan SAPA, sehingga total ada 1.260 relawan SAPA,” jelasnya.

Dengan adanya relawan ini Maryamah berharap, informasi terkait masalah kekerasan perempuan dan anak di tiap sudut kota bisa cepat terlaporkan dan tertangani dengan cepat.

"Kita tanamkan pendidikan ini sejak dini. Jadi mereka tahu apa yang harus mereka lakukan jika ada KDRT terjadi di lingkungan mereka,” tandasnya. (IQB)

Editor: Redaksi
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS