Android 14 Resmi Meluncur, Apa Saja Fitur yang Baru?

Yunike Purnama - Kamis, 05 Oktober 2023 18:05
Android 14 Resmi Meluncur, Apa Saja Fitur yang Baru?Ilustrasi (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Google baru saja mengumumkan perangkat Pixel generasi terbaru yang mencakup Pixel 8 Pro baru, Pixel 8, dan Pixel Watch 2. Tidak hanya itu, Google juga meluncurkan sistem operasi Android generasi terbaru pada 4 Oktober 2023, yaitu Android 14 alias Upside Down Cake.

Adanya Android 14 ini menghadirkan berbagai fitur dan perubahan baru pada sistem operasi. Berikut beberapa perubahan dan fitur terbaru dari Android 14.

Perubahan dan Fitur Baru dari Android 14

Berikut beberapa update dari Android 14 yang bisa Anda rasakan.

Fitur Baterai

Android 14 diharapkan menjadi sistem operasi yang memudahkan baterai jadi lebih hemat. Google juga telah membuat beberapa perubahan untuk meningkatkan masa pakai baterai,yang mencakup ‘Schedule exact alarm’ untuk mengelola penggunaan baterai. Selain itu, pembaruan juga dilengkapi dengan informasi baterai seperti tanggal produksi dan jumlah siklus.

Fitur Aksesibilitas

Android 14 menyediakan font yang lebih besar bahkan sampai 200% serta lampu flash notifikasi baru menggunakan flash kamera atau layar yang memudahkan seseorang dengan gangguan pendengaran. Tidak hanya itu, Android 14 menyediakan dukungan yang lebih baik untuk bahasa berdasarkan gender dan adanya kontrol bahasa per aplikasi serta preferensi regional untuk pengukuran dan kalender.

Fitur Privasi dan Keamanan

Android 14 memiliki peningkatan keamanan dan privasi dengan fitur seperti memblokir instalasi aplikasi lama untuk membantu melindungi perangkat dengan lebih baik, memungkinkan pengguna mengontrol akses aplikasi foto dan video, meningkatkan privasi PIN, dan menawarkan penghapusan opsional tombol ‘OK’ untuk ditambahkan dalam pertanyaan keamanan.

Selain itu, fitur keamanan di Android 14 ini juga akan meningkatkan notifikasi berbagi data agar pengguna tetap mendapatkan informasi tentang perubahan kebijakan privasi aplikasi dan melakukan penyesuaian aplikasi yang berjalan di background untuk meningkatkan keamanan terhadap ancaman malware. Dukungan password juga akan ditingkatkan untuk memberikan pengalaman otentikasi yang lebih aman dan nyaman.

Android 14 juga memiliki aplikasi yang terintegrasi dengan Health Connect, lockscreen yang bisa disesuaikan atau dikustomisasi, serta cara baru untuk membuat wallpaper khusus. Android 14 mendukung audio lossless dengan headphone berkabel serta HDR 10-bit. Fitur lain yang dapat ditemukan yaitu pembaruan  Find My Device, bilah pencarian yang bisa mengambang, peningkatan gestur screen search, bisa menggunakan smartphone apapun sebagai webcam, dan masih banyak lagi.(*)

Editor: Redaksi
Tags Android 14googleBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS