AKHI Lampung Tingkatkan Wawasan Calon Petugas Kesehatan Haji

M. Iqbal Pratama - Senin, 10 Oktober 2022 15:13
AKHI Lampung Tingkatkan Wawasan Calon Petugas Kesehatan HajiAsosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Lampung bersinergi dengan Pemprov Lampung menggelar Seminar Kesehatan Haji di Balai Keratun, Minggu, 9 Oktober 2022. (sumber: Dok. AKHI Lampung)

BANDAR LAMPUNG – Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Lampung bersinergi dengan Pemprov Lampung menggelar Seminar Kesehatan Haji sebagai upaya meningkatkan pengetahuan calon petugas kesehatan haji. Kegiatan berlangsung di Balai Keratun, Minggu, 9 Oktober 2022.

Wakil Gubernur Provinsi Lampung Chusnunia Chalim dalam sambutannya mengapresiasi AKHI Lampung atas peran aktifnya dalam meningkatkan wawasan tenaga kesehatan dan para pemerhati kesehatan haji, baik yang berasal dari Lampung maupun dari luar daerah.

Wagub yang akrab disapa Nunik itu menyakini dari semua peserta seminar yang hadir, tidak menutup kemungkinan akan ada yang menjadi tenaga kesehatan haji pada musim haji tahun 1444H/2023M mendatang.

"Saya atas nama Pemerintah Provinsi Lampung berpesan apabila kelak Anda sekalian terpilih untuk mendampingi para tamu-tamu Allah, laksanakan tugas tersebut sebaik-baiknya karena Allah, sehingga proses pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jamaah haji Indonesia berlangsung dengan baik," ucapnya.

Dokter Zam Zanariah selaku Ketua AKHI Provinsi Lampung menjelaskan seminar tersebut telah digelar kesekian kalinya sebagai upaya AKHI dalam membina dan memperluas wawasan calon petugas kesehatan haji. "Sehingga calon tenaga kesehatan petugas haji dapat memahami kebijakan-kebijakan dalam menjalankan tugasnya," ujar Zam saat dimintai keterangan, Senin, 10 Oktober 2022.

Ia berharap seminar tersebut dapat didukung dan digalakkan secara berkesinambungan sebab sektor kesehatan haji merupakan komponen penting untuk terus meningkatkan pelayanan, karena merupakan salah satu syarat istithaah (kemampuan) dalam ibadah haji.

Dokter Zam juga menjelaskan peserta seminar berjumlah 400 orang yang merupakan tenaga dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya seperti apoteker, tenaga teknis kefarmasian, surveilans, ahli gizi, analis dan lainnya dari berbagai kabupaten di Lampung.

Zam mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah menyukseskan  seminar tersebut yang digelar bersamaan dengan pelantikan pengurus AKHI Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Barat, Tanggamus,Way kanan, Tulang Bawang, dan Tulang Bawang Barat Periode 2022–2026.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis, Ketua IDI Provinsi Lampung Harnos, Ketua IDI Cabang Bandar Lampung Khadafi Indrawan, serta Pembina AKHI Leny Yurina.

Seminar tersebut mengundang tiga narasumber yakni Kepala Biro Kesra Provinsi Lampung Ria Andari, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana Wijayanto, dan Kabid Kesehatan PPIH Arab Saudi Tahun 2018 Melzan Dharmayuli. Sementara untuk Workshop Rekrutmen Petugas Kesehatan Haji diisi oleh Ahmad Yusri Zulkifli selaku Analis Kesehatan KKHI Mekkah. (iqb)

M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS