Agustus 2022, Indonesia Diprediksi Masuk Fase Endemi Covid-19

Yunike Purnama - Senin, 13 Juni 2022 08:13
Agustus 2022, Indonesia Diprediksi Masuk Fase Endemi Covid-19Petugas medis menyuntikkan vaksin kepada siswa SMPN 26 Bandar Lampung, Kamis (9/9/2021), di aula sekolah setempat. (sumber: Kabar Siger/ Chairil Anwar)

JAKARTA – Dokter Spesialis Paru Erlina Burhan memperkirakan Indonesia segera memasuki fase endemi dari pandemi Covid-19. Ada sejumlah indikator yang harus dikawal bersama.

“Mudah-mudahan Agustus 2022 kita bisa endemi,” kata Erlina konferensi pers virtual Minggu, 12 Juni 2022.

Erlina mengungkapkan indikator menuju endemi, yakni laju penularan Covid-19 harus kurang dari 1. Kemudian positivity rate di bawah lima persen.

“Tiga minggu lalu kita sempat di bawah dua persen bahkan di bawah satu persen, tapi sekarang naik jadi tiga persen,” ujar dia.

Indikator berikutnya ialah tingkat keterisian di rumah sakit kurang dari lima persen. Indonesia sukses menjaga tren ini tetap konsisten dalam empat bulan terakhir.

Erlina menyebut indikator selanjutnya yakni fatality rate kurang dari tiga persen. Saat ini, tingkat kematian Indonesia berada di kisaran 1,9 persen.

“Terakhir, level PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) pada transmisi lokal di level 1,” jelas dia.

Erlina mengingatkan kesuksesan mencapai seluruh indikator tersebut tidak cukup. Indonesia harus konsisten menjaga tren penanganan Covid-19.

“Kondisi-kondisi itu harus terjadi dalam rentang waktu tertentu misalnya enam bulan,” tutur dia. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS