Ada-Ada Saja! Seorang Pria Menyamar Jadi Wanita Agar Bisa Kabur dari Ukraina

Chairil Anwar - Senin, 18 April 2022 10:34
Ada-Ada Saja! Seorang Pria Menyamar Jadi Wanita Agar Bisa Kabur dari UkrainaBerencana hindari wajib militer, seorang pria asal Ukraina berdandan sebagai perempuan. (sumber: LADBible)

ODESA — Penjaga perbatasan Ukraina menggagalkan perjalanan seorang pria yang mengenakan pakaian perempuan supaya bisa meninggalkan negaranya.

“Imigran" yang dilaporkan berumur 26 tahun itu tengah berada di pos pemeriksaan taksi di wilayah Odesa, Ukraina, seperti dikutip dari LADBible

“Pria yang berpakaian wanita itu berencana pergi ke Moldova. Ia juga membawa sertifikat wajib militer sementara,” tulis Layanan Penjaga Perbatasan Ukraina melalu Twitter.

Selama perang berlangsung, Ukraina telah menetapkan peraturan untuk melarang pria berusia 18 tahun—60 tahun untuk mengungsi. Mereka diminta mendaftar sebagai tentara sementara dalam pertempuran melawan Rusia. 

Ketika peperangan dimulai beberapa bulan lalu, PBB meminta Ukraina untuk menggunakan pendekatan yang lebih halus dalam menghadapi perang. 

“Kami mengakui bahwa negara-negara memiliki hak untuk membela diri di bawah Piagam PBB dan hukum internasional dan bahwa negara-negara dapat mewajibkan warganya untuk menjalankan dinas militer di bawah kriteria dan kondisi tertentu sesuai dengan hukum internasional,” ujar kepala berita dan media badan pengungsi PBB, Matthew Saltmarsh, seperti dilansir The Guardian. (CA) 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Fadel Surur pada 18 Apr 2022 

Editor: Chairil Anwar
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Lihat semua artikel

RELATED NEWS