6 Keuntungan Investasi Emas, Mulai dari Likuid hingga Modal Kecil

Ekonomi & Fintech 25 Jan 2021, By Redaksi
6 Keuntungan Investasi Emas, Mulai dari Likuid hingga Modal Kecil Logam mulia. (pegadaian.co.id)

Kabarsiger.com - Emas bisa jadi salah satu alat investasi dengan resiko rendah yang bisa dipilih oleh masyarakat.

Emas punya harga yang relatif stabil walaupun dalam kondisi di tengah inflasi harga. Kini, emas juga dilirik sebagai salah satu investasi jangka panjang.

Umumnya orang-orang memilih logam mulia emas batangan sebagai sarana investasi emas dalam jangka panjang.

Cara berinvestasi logam mulia emas batangan cukup mudah hanya dengan sistem jual-beli sehingga punya daya tarik tersendiri. Ditambah lagi didukung semakin pesatnya teknologi, investasi logam mulia sudah bisa melalui aplikasi seperti Pegadaian Digital hingga e-commerce.

Strategi investasi logam mulia emas batangan tidak sulit karena hanya dengan membeli saat harga emas turun serta menjualnya saat harga naik.

Selain itu, dengan berinvestasi logam mulia emas batangan bisa sebagai sarana untuk diversifikasi dana.

Kepala Kantor PT Pegadaian (Persero) Cabang Kedaton Tyas Ari Hidayat memaparkan beberapa keuntungan dari investasi logam mulia emas batangan:

1. Cepat Diuangkan

Emas bisa dengan cepat diuangkan saat sedang membutuhkan dana darurat untuk kebutuhan hidup.

2. Tidak Ada Pajak

Logam mulia emas batangan yang disimpan di rumah bebas dari tanggungan pajak sehingga tidak perlu bingung mmemikirkan biaya pajak.

3. Alat tukar saat krisis

Salah satu cara terhindar dari krisis keuangan dengan berinvestasi emas. Umumnya emas tidak terpengaruh inflasi sehingga lebih terkendali.

4. Harga Cenderung Meningkat

Harga emas juga terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga punya selisih harga yang membuat investasi ini cukup banyak dipilih.

5. Diversifikasi

Dalam berinvestasi penting untuk diversifikasi, terlebih untuk jangka panjang. Punya investasi aman (safe haven) di portofolio dapat memperkecil risiko dalam investasi.

Salah satu pilihan yang tepat untuk diversifikasi dana yakni logam mulia emas batangan karena punya beberapa keuntungan.

6. Modal Kecil

Investasi logam mulia emas batangan bisa dengan modal ratusan ribu.

Dampak Transformasi Digital

Transformasi digital memberikan banyak dampak bagi PT Pegadaian (Persero) salah satunya pertumbuhan nasabah yang pesat.

Untuk kantor Pegadaian Cabang Kedaton selama tahun 2020 mencatatkan pertumbuhan nasabah hingga 10 persen. Sebagian besar banyak nasabah baru yang mendaftar melalui aplikasi Pegadaian Digital dengan pembukaan tabungan emas hingga program cicilan logam mulia.

"Sesuai dari arahan pusat pada intinya digitalisasi merupakan investasi masa depan, yang penting bagaimana memberikan awareness, bagaimana kita menjalin customer experience yang baik, bagaimana agar loyal ke Pegadaian,"ujar Tyas. (*)

Yunike Purnama

Yunike Purnama