5 Tips Public Speaking Lebih Menarik dan Didengar oleh Audiens Anda

Yunike Purnama - Sabtu, 20 Mei 2023 12:57
5 Tips Public Speaking Lebih Menarik dan Didengar oleh Audiens AndaKomunikasi efektif adalah kunci untuk menyampaikan pesan dan menginspirasi seseorang untuk mengambil tindakan. (sumber: Pexels)

BANDARLAMPUNG - Komunikasi efektif adalah kunci untuk menyampaikan pesan dan menginspirasi seseorang untuk mengambil tindakan.

Baik rapat dalam tim, presentasi, hingga promosi produk semuanya membutuhkan kemampuan komunikasi efektif yang baik.

Sebagai pemimpin bisnis, kemampuan Anda untuk berkomunikasi secara efektif dapat meningkatkan atau menghancurkan karier Anda.  Karena menjadi pembicara yang menarik tidak hanya penting untuk memotivasi tim Anda, tetapi juga untuk menyampaikan ide Anda kepada calon investor, klien, atau mitra.

Tips Public Speaking

1. Kenali audiens Anda

Mengenali audiens dapat membantu Anda untuk memahami minat, kebutuhan dan harapan mereka. Sehingga Anda dapat menyesuaikan pesan dan gaya penyampaian agar sesuai dengan mereka.

2. Perhatikan cara orang lain berbicara

Cobalah untuk menonton berkali-kali video pembicara kanal-kanal YouTube. Anda akan mulai memahami cara mereka berbicara secara tidak sadar. Termasuk nada suara dan cara mereka menggunakan komunikasi nonverbal.

3. Jadilah jujur dan otentik

Jangan mencoba untuk memalsukan ucapan Anda, katakan apa adanya. Cobalah untuk tidak memalsukan informasi saat memotivasi karyawan, mengajukan solusi, atau melibatkan audiens Anda karena hal tersebut akan menciptakan konflik lain. Reputasi Anda mungkin akan hancur dan begitu juga hubungan Anda dengan audiens Anda.

4.  Bergabung dalam komunitas

Bergabung dalam komunitas dapat membantu Anda membangun keterampilan berbicara. Komunitas-komunitas ini akan memberi kesempatan Anda untuk berbicara di depan umum dan terampil dalam berkomunikasi efektif. Jam terbang Anda dalam berkomunikasi akan terus bertambah sehingga keterampilan Anda untuk merespon feedback dan melatih pesan yang ingin Anda sampaikan juga akan meningkat.

5. Pakailah jasa profesional trainer

Trainer komunikasi atau public speaking memiliki strategi latihan dan teknik berkomunikasi yang efektif. Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan ketika memakai jasa profesional trainer adalah fokus strategi yang dirancang oleh trainer akan dipersonalisasikan dengan kemampuan Anda, sehingga strategi tersebutlah yang paling tepat untuk Anda gunakan.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 5 tips public speaking agar lebih menarik dan didengar oleh audiens Anda. Semoga bermanfaat!(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS