5 Tips Membuat Dapur Minimalis Bergaya Modern

Yunike Purnama - Sabtu, 23 Oktober 2021 08:47
5 Tips Membuat Dapur Minimalis Bergaya ModernIlustrasi dapur minimalis. (sumber: Pixabay)

BANDARLAMPUNG - Konsep dapur minimalis saat ini jadi tren desain interior kekinian, termasuk untuk mereka yang memiliki hunian terbatas. Gaya interior ini memang bisa membuat ruangan tetap rapi dan teratur dengan cara yang cerdas.

Umumnya, gaya dapur minimalis memaksimalkan perabotan multifungsi, yang juga bisa menjadi tempat penyimpanan, tempat makan, sekaligus bisa jadi tempat untuk bekerja.

Berikut ini beberapa inspirasi dapur minimalis yang bisa menjadi ide buat rumah Anda.

1. Pilih kabinet tinggi

Untuk membuat dapur terlihat lebih minimalis dan elegan, Anda bisa memilih kitchen set dengan kabinet tinggi. Model kabinet ini dapat membuat area makan dan dapur jadi terlihat lebih luas. Selain itu, pilih kabinet tanpa handle pintu untuk memberikan kesan yang lebih modern. 

Baca juga: Tips Menata Ulang Dapur agar Terlihat Menarik

2. Bermain dengan tekstur dan warna

Selain memilih kabinet tinggi, Anda bisa bermain dengan tekstur dan warna kabinet, seperti memilih palet warna putih, cream, abu-abu ,dan coklat. Warna-warna ini bisa memberikan kesan dapur jadi lebih minimalis dan elegan. Selain itu, Anda bisa kombinasikan dengan sentuhan tekstur alami pada bagian dinding atau kabinet agar terlihat semakin elegan.

3. Perbanyak area penyimpanan

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat dapur jadi terasa lebih rapi adalah dengan memperbanyak area penyimpanan. Anda bisa memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan dengan memasang rel atau kaitan. Jadinya, Anda bisa meletakan beberapa perlengkapan dapur, seperti wajan, panju, dan centong, pada bagian tersebut. Namun, hindari meletakan terlalu banyak barang di dekat dinding dan meja dapur supaya tidak terkesan sumpek.

4. Pilih pencahayaan yang baik

Tips berikutnya yang bisa membuat dapur terasa lebih luas dan minimalis adalah dari pencahayaan. Anda bisa memilih warna cahaya yang warm dan tetap terangseperti lampu warna putih kekuningan, untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman dan hangat. Selain itu, tambahkan lampu di atas kompor atau di bawah ambalan agar suasana dapur jadi lebih terang.

Baca juga: 6 Tips Merancang Dapur Warna Abu-Abu Nyaman dan Anti Suram

5. Pilih perabotan multifungsi

Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan perabotan multifungsi. Letakan perabotan tersebut pada area terbuka sehingga bisa menyatu pada ruangan lain, terutama pada hunian kecil. Misalnya, posisikan meja bar atau meja makan dekat dengan ruang keluarga dan ruang kerja. Sesekali Anda bisa memanfaatkan meja tersebut untuk beberapa aktivitas, seperti tempat bersantap bersama keluarga ataupun sebagai meja kerja.

Itu dia beberapa tips menciptakan dapur minimalis bergaya modern yang bisa Anda terapkan di rumah. Anda bisa mendapatkan berbagai perlengkapan rumah tangga dan furnitur terbaik hanya di Ruparupa, situs yang menyediakan berbagai produk home living dari berbagai merek terkenal, seperti ACE, Informa, dan Toys Kingdom.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS