5 Kartun Islami yang Cocok untuk Ditonton Anak

Yunike Purnama - Selasa, 19 Oktober 2021 07:50
5 Kartun Islami yang Cocok untuk Ditonton AnakSerial anak Islami Riko The Series (sumber: Tangkapan layar youtube)

BANDARLAMPUNG – Siapa bilang nilai agama hanya bisa didapat melalui pengajian dan pelajaran di sekolah? Untuk si kecil, pengamalan nilai-nilai Islam akan lebih menyenangkan bila didapatkan dari medium yang menghibur, misalnya film kartun. 

Bagi para orang tua, tidak perlu pusing, sekarang sudah banyak film kartun yang mengajarkan pendidikan Islamdengan cara penyampaian yang ringan. Apa sajakah itu? Simak daftar kartun Islami yang cocok ditonton si kecil untuk libur lebaran  atau di akhir pekan. 

1. Omar & Hana

Omar & Hana bercerita tentang dua bersaudara yang ceria dan saling menyayangi. Selayaknya anak kecil, mereka juga penuh rasa penasaran.

Film ini juga berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya, mulai dari orang tua, tetangga, hingga guru-guru. Dari kisah dua bersaudara ini, si kecil bisa belajar nilai-nilai Islami, nilai moral, norma sopan santun, juga kasih sayang dalam keluarga. 

2. Nussa

Nussa mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yang bercita-cita menjadi astronot dan hafiz Alquran. Berbekal rasa keingintahuan yang tinggi dan pengetahuan agama yang cukup luas, Nussa juga dijadikan panutan oleh adik dan para sahabat. 

Menariknya, tokoh Nussa diceritakan terlahir dengan kaki yang tidak sempurna. Meski begitu, Nussa tetap bersyukur atas apa pun yang diberikan Allah SWT. Melalui tokoh Nussa, si kecil bisa belajar tentang kesungguhan dan rasa syukur.

Baca juga: Anak-Anak Kini Bisa Nonton Film di Bioskop

3. Riko The Series

Film kartun Islami berikutnya adalah Riko The Series. Sedikit modern, Riko the Series mengangkat cerita tentang seorang anak laki-laki bernama Riko dan robot kesayangannya.

Robot ini mampu menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan Riko tentang nilai Islami. Riko The Series menyajikan konten pengetahuan melalui nilai-nilai Islam. Selain itu, di setiap episode juga ditampilkan murrotal Alquran.

4. Upin & Ipin

Upin dan Ipin mengisahkan anak kembar yatim piatu yang hidup dengan kakak dan neneknya. Meski hidup mereka sederhana, keduanya selalu ceria dalam menjalani hari-hari.

Di dalamnya juga disisipkan nilai Islami yang mudah diterapkan setiap hari, seperti misalnya doa sebelum makan, berbakti kepada orang tua, serta cara berinteraksi yang baik dengan teman-teman dan orang lain.

5. Ali and Sumaya

Kartun Islami berbahasa Inggris ini bercerita tentang kakak beradik yang belajar tentang agama Islam.

Penonton bisa belajar mengenal Allah SWT, belajar salat dan wudhu, mengenal nama-nama baik Allah SWT, dan masih banyak lagi dengan menonton kartun ini.

Selain itu, Ali and Sumaya juga menyajikan konten vlog yang memberikan informasi seputar agama Islam.

Jadi, untuk para orang tua sudah tidak perlu bingung jika ingin mengajarkan nilai-nilai Islam dengan cara menyenangkan, ya. Cukup ajak si kecil menonton film dari daftar kartun Islami di atas. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS