5 Fitur Google Contacts yang Jarang Diketahui Orang

Eva Pardiana - Rabu, 10 November 2021 17:31
5 Fitur Google Contacts yang Jarang Diketahui Orang5 Fitur Google Contacts yang Jarang Diketahui Orang (sumber: Mastel)

BANDARLAMPUNG – Kebanyakan besar orang hanya menggunakan Google Contacts sebagai alat menyimpan nomor-nomor kerabat mereka. Padahal jika ditelusuri lebih lanjut, ada banyak kelebihan dari fitur Google Contacts yang bisa dimaksimalkan.

Nah, apa saja fitur Google Contacts yang belum banyak orang tahu itu?

1. Membuat label dan grup pada Google Contacts

Membuat label pada Google Contacts sangat penting untuk mempermudah pengguna dalam menggunakan Google Contacts. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengelola kontak-kontak yang akan dikelompokkan. Label juga bisa dijadikan sebagai shortcut, sehingga waktu tak banyak terbuang untuk mengirim surat elektronik ke grup yang berlabel.

2. Kustomisasi tampilan kolom

Tips ini penting jika pengguna akan mengurutkan daftar contacts dengan nama awal maupun akhir.

3. Bagikan kontak ke pengguna lain

Google Contacts bisa mengirim kontak yang telah berlabel maupun dengan pengguna luar. Kurang lebih sama seperti Google Drive. Pengguna Google Contacts dapat melihat, mengedit, hingga menambahkan kontak. Setelah itu, mereka dapat diberikan akses fitur tersebut.

4. Gabungkan nomor yang sama pada satu kontak

Fitur ini telah lama diusung oleh Google Contacts, baik untuk pengguna Android maupun computer. Google Contacts akan mencoba secara otomatis menganalisis dan menggabungkan akun atau kontak yang sebelumnya pernah kamu simpan.

5. Tambahkan profil gambar ke setiap kontak

Cara ini mungkin sedikit ribet. Namun jika diterapkan, pengguna akan terasa mudah dalam memilih kontak pada Google Contacts. Kamu bisa memilih foto-foto terbaik yang ada di kontak kamu. 

Itu tadi fitur-fitur tersembunyi yang ada di Google Contacts. Yuk coba berselancar Google Contacts sehingga kamu akan tahu fitur-fitur tersebut. (*)

Tulisan ini telah tayang di jogjaaja.com oleh Tyo S pada 10 Nov 2021 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS