4 Langkah Mudah Hemat Kuota Internet saat Zoom Meeting

Redaksi - Kamis, 15 Juli 2021 13:56
4 Langkah Mudah Hemat Kuota Internet saat Zoom MeetingLangkah Mudah Hemat Kuota Internet saat Zoom Meeting (sumber: zoom.us)

Kabarsiger.com, BANDARLAMPUNG - Belakangan ini, aplikasi Zoom menjadi aplikasi meeting favorit yang digunakan oleh banyak kalangan khususnya bagi para pekerja dan juga pelajar yang harus bekerja dan balajar dari rumah.

Kefavoritan Zoom sendiri tidak terlepas dari keunggulan aplikasi yang disajikannya mulai dari kualitas video yang baik, tampilan fitur yang beranekaragam, dan juga lebih andal serta jarang sekali down meskipun dalam jaringan yang tidak stabil.

Namun di balik itu, aplikasi Zoom juga terkenal sebagai aplikasi meeting yang sangat boros menguras kuota internet. Setidaknya Zoom menggunakan sekitar 888 MB atau setara dengan 1 GB data dalam sejam dan belum termasuk kualitas gambar yang dipakai.

Karena itu tidak heran selama work from home atau WFH dan belajar online dikeluhkan data internet yang begitu cepat habis. Nah, dari itu dilansir dari satelliteinternet.com, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi data internet saat Zoom:

1. Matikan "Aktifkan HD"

Salah satu cara mudah yang dapat kamu lakukan yaitu menonaktifkan fungsi "Aktifkan HD" yang terdapat di sudut kiri bawah layar. Kemudian klik panah kecil di sebelah tombol Mulai Video. Klik Pengaturan Video dan hapus centang pada kotak untuk "Aktifkan HD" dan "Sentuh penampilan saya." Dengan cara ini Anda dapat mengurangi separuh jumlah data yang di gunakan saat sedang pertemuan Zoom.

2. Menonaktifkan kamera

Cara kedua yang dapat kamu lakukan ialah dengan menonaktifkan kamera pada saat rapat berlangsung jika tidak diperlukan. Caranya kamu cukup klik gambar kamera yang terdapat pada sudut kiri paling bawah. Dengan cara ini kami dapat menghemat lebih banyak data internet sekitar 2,475 GB per jam dalam resolusi 1080p.

3. Menonaktifkan audio

Sama halnya dengan penggunaan kamera saat pertemuan Zoom, menonaktifkan audio juga dapat menghemat pengeluaran kuota paling tidak sekitar 27 MB per jam.

4. Gunakan Google Documents

Pada saat melakukan presentasi yang mengharuskan kamu membagikan layar penuh saat meeting Zoom, kamu dapat memanfaatkan platform dokumen online misalnya google dokumen dan sejenisnya.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut memungkinkan penggunanya untuk mendiskusikan atau mengedit dokumen penting pada saat yang bersamaan.

Dengan cara tersebut peserta rapat bisa saling berbagi dokumen dan melihat apa yang terjadi meskipun tidak dibagikan di layar masing-masing sehingga tidak memakan banyak kuota internet. (*)

Editor: Yunike Purnama
Tags #ppkmdaruratZoomBagikan

RELATED NEWS