Tiga Perwakilan Pengurus Sobat Sehat Antusias Ikuti Pelatihan UMKM Penyintas TBC

Yunike Purnama - Minggu, 19 Mei 2024 07:13
Tiga Perwakilan Pengurus Sobat Sehat Antusias Ikuti Pelatihan UMKM Penyintas TBCTiga perwakilan OPT Sobat Sehat antusias mengikuti Pelatihan UMKM untuk Penyintas TBC (sumber: Ist)

JOGJAKARTA - Tiga perwakilan pengurus Organisasi Penyintas TBC (OPT) Sobat Sehat sukses mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Pelatihan UMKM untuk Penyintas TBC yang digelar oleh Kemenkes RI bersama POP TB bertempat di Harper Hotel Malioboro selama 4 hari pada Selasa - Jumat (14-17 Mei 2024).

Adapun agenda pelatihan yang dilakukan antara lain, pemaparan peluang bermitra dari Kementerian Koperasi dan UKM, Success Story peluang berwirausaha, pengelolaan manajemen UMKM hingga strategi optimalisasi penjualan melalui market place dan sosial media.

Pembukaan acara Pelatihan UMKM untuk Penyintas TBC. Foto: Ist

Kemudian rangkaian praktik lapangan membuat produk ecoprint, merajut produk tas dan dompet, kunjungan home industri produk kuliner khas Jogja Bakpia dan produk ekraf kerajinan tangan seperti aksesoris kalung, gelang dan anting.

Salah satu peserta OPT Sobat Sehat Ahmad Hidayatulloh sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian pelatihan.

Pelatihan kelas ecoprinting. Foto: Ist

"Pengalaman saya ikut kegiatan ini sangat menyenangkan dan banyak ilmu baru yang didapatkan disini seperti membuat kerajinan tangan untuk oleh-oleh, kemudian pembuatan eco print yang ternyata tidak sesimple yang terlihat, karena memerlukan proses yang cukup panjang dan detail,"ujar Ahmad.

Ia juga mengakui, pemaparan materi yang disampaikan juga sangat baik dari para ahlinya. Tidak hanya saat terjun langsung ke lapangan, tetapi juga strategi pemasaran baik secara offline dan online.

"Semuanya sangat mendetail dan mudah dipahami, hanya butuh komitmen yang baik dan harus tau jeli melihat peluang yang ada di masing-masing daerah," cerita Ahmad.

Pelatihan kelas merajut. Foto: Ist

Peserta lainnya Endang Sumarni yang mengikuti pelatihan merajut dan home industri ke produk kuliner wingko menyampaikan kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreatifitas para peserta.

"Semoga beragam pelatihan yang sudah digelar dapat mendorong penyintas agar dapat berbagi pengetahuan yang diperoleh dari workshop ke pasien TBC RO dampingannya dan masyarakat,"harap Endang.

Pengalaman peserta lainnya Luvita Willya Hendri menambahkan, "Hampir disetiap sesi acara, kami juga bisa berganti tim sehingga membuat kami juga saling mengenal dengan teman-teman dari beberapa daerah lain yang daei mereka juga ternyata banyak pengalaman yang bisa dibagikan kepada saya,"katanya.

Ketua OPT Sobat Sehat Lampung Ardiansyah mengatakan, "Terimakasih untuk Kemenkes, POP TB, tuan rumah OPT Terbesar Jogja dan seluruh panitia yang sudah menggelar pelatihan ini, semoga kedepan dapat meningkatkan keterampilan para penyintas TBC, menguatkan program UMKM Sobat Sehat dan mampu memberdayakan dan menguatkan ekonomi penyintas dalam berwirausaha mandiri untuk penguatan ekonomi rumah tangga baik dalam masa pengobatan maupun setelah pengobatan. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS