3 Hal Ini Tanpa Sadar Merusak Hubungan Anda

Yunike Purnama - Senin, 12 Juni 2023 08:54
3 Hal Ini Tanpa Sadar Merusak Hubungan AndaKita mungkin tidak pernah diajari tentang bagaimana caranya memiliki hubungan yang sehat. (sumber: Freepik)

JAKARTA - Kita mungkin tidak pernah diajari tentang bagaimana caranya memiliki hubungan yang sehat. 

Faktanya, sebagian besar dari kita tumbuh besar dan mempelajari keterampilan hubungan yang tidak sehat dari orang tua atau pengasuh utama mereka. 

Kabar baiknya adalah, seiring bertambah dewasanya Anda, Anda dapat mempelajari keterampilan berhubungan yang baru untuk menciptakan hubungan yang sehat.

Anda memang tidak dapat mengubah orang lain, meskipun Anda terlibat bersamanya dalam suatu hubungan. Namun, ketika Anda mengubah cara Anda bersikap dalam hubungan, Anda telah membuat perbedaan besar dalam kesehatan hubungan Anda. 

Caitlin Cantor, seorang ahli hubungan menulis untuk Psychology Today seperti dilansir oleh Tren Asia pada Senin 12 Juni 2023, 3 pola umum yang biasanya menyebabkan rusaknya hubungan mereka. 

1. Menyalahkan Orang Lain 

Kebanyakan orang jauh lebih sadar akan tindakan orang lain daripada tindakan mereka sendiri. Mereka kerap mengabaikan bagaimana diri mereka terlibat dalam menciptakan masalah dalam suatu hubungan. 

Cantor berpendapat bahwa, jika Anda hanya berfokus kepada orang lain, maka jalan Anda akan terasa buntu. Sebaliknya, jika Anda berfokus pada tindakan Anda. Anda akan menemukan cara agar dapat terlibat dalam hubungan dengan cara yang lebih sehat. 

2. Memproyeksikan Perasaan Negatif ke Orang Lain 

Memproyeksikan perasaan ke orang lain adalah meyakini asumsi yang Anda buat tentang apa yang dipikirkan orang lain terhadap Anda. Padahal sebenarnya, pikiran Anda sendirilah yang Anda kaitkan dengan orang lain.

Contohnya adalah ketika Anda berasumsi bahwa semua teman Anda menganggap Anda bodoh. 

Hal ini bisa jadi berasal dari ketakutan Anda yang khawatir dianggap bodoh. Anda mulai memproyeksikan keyakinan itu kepada orang lain, sementara sebenarnya hal itu berasal dari diri Anda sendiri, bukan mereka. 

Jika Anda tidak menyadari proyeksi Anda dalam hubungan tersebut, hubungan Anda mungkin sedang dalam bahaya. 

3. Mengarang Cerita dan Menganggapnya Sebagai Fakta

Memikirkan hal yang belum tentu benar dan menganggapnya sebagai fakta adalah salah satu pola yang sering membuat hubungan seseorang rusak. 

Apapun yang Anda pikirkan, pastikan dulu kebenarannya. Biasakan untuk mengkonfirmasi sebelum akhirnya menuduh mereka. 

Anda tidak pernah tahu apa yang mereka pikirkan, apa niat mereka dan apa yang sebenarnya mereka maksud. Jadi komunikasikan semuanya. 

Terus sibuk dengan pemikiran Anda sendiri hanya akan membuat Anda merasa sakit hati, marah, cemas, dan banyak perasaan negatif lainnya. Dan hal tersebut dapat membahayakan hubungan Anda. 

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 3 hal yang tanpa sadar merusak hubungan Anda menurut ahli. Semoga bermanfaat!(*)

Editor: Redaksi
Tags hubungan sehatBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS