Volume Ekspor Tanaman Hias Lampung Naik Signifikan

2021-04-19T13:31:10.000Z

Penulis:Eva Pardiana

aglaonema.jpg
Ilustrasi tanaman hias. (Pixabay)

BANDAR LAMPUNG – Volume ekspor tanaman hias dari Provinsi Lampung pada tahun 2021 mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya.

Data sistem perkarantinaan, IQFAST Karantina Pertanian Lampung, mencatat hingga April 2021, volume ekspor tanaman hias mencapai 245 batang, meningkat signifikan dari tahun sebelumnya hanya 3 batang.

Kepala Karantina Pertanian Lampung Muh Jumadh dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kabar Siger, Senin (19/4/2021) menyebutkan, nilai ekspor pun meningkat signifikan yang pada tahun 2020 hanya Rp300 ribu, tahun ini menjadi Rp227,3 juta.

Peningkatan juga terjadi pada negara tujuan. Tahun 2020 hanya satu negara tujuan ekspor yaitu Amerika Serikat. Sedangkan tahun 2021 bertambah menjadi sembilan negara tujuan, yakni Amerika Serikat, Portugal, Singapura, Kanada, Belanda, Malaysia, Norwegia, Kuwait, dan Jerman.

“Ekspor tanaman hias dari Lampung belum banyak. Namun, jumlah dan nilainya terus meningkat. Ini sesuai dengan prinsip Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks). Kami akan terus fasilitasi untuk sertifikasi ekspor dan memastikan keberterimaan produk di negara tujuan sesuai persyaratan,” ucap Jumadh.

Di sisi lain, Karantina Pertanian Lampung juga terus mengupayakan peningkatan ekspor komoditas, di antaranya dengan mendorong tanaman hias asal Kabupaten Tanggamus agar bisa tembus pasar internasional.

Ia menyebutkan, melalui Bimbingan Teknis Ekspor Tanaman Hias, Karantina Pertanian Lampung mendorong adanya eksportir baru, khususnya dari Kabupaten Tanggamus.

"Adanya program Gratieks mendorong kami untuk meningkatkan nilai ekspor komoditas pertanian asal Provinsi Lampung, di antaranya ada eksportir baru. Kemudian bisa mengoptimalkan ekspor dari sektor pertanian, seperti subsektor hortikultura yakni tanaman hias," ujarnya.

Selama ini, Jumadh menjelaskan bahwa ekspor komoditas pertanian asal Lampung merupakan hasil dari subsektor perkebunan.

Hasil inventarisasi Tim Satgas Gratieks ternyata Tanggamus terkenal akan tanaman hiasnya. Wilayah ini terletak di dataran tinggi dengan udara sejuk dan iklim yang dingin banyak tumbuh tanaman hias yang menawan. Beragam jenis dengan kisaran harga yang juga menarik. (VA)