PLN Peduli Luncurkan Program Desa Berdaya: Ganjar Asri Metro Jadi Pusat UMKM Keripik Singkong

2024-09-17T18:01:33.000Z

Penulis:Eva Pardiana

Potret warga Ganjar Asri melakukan proses packaging keripik singkong yang siap didistribusikan ke berbagai daerah di Provinsi Lampung.
Potret warga Ganjar Asri melakukan proses packaging keripik singkong yang siap didistribusikan ke berbagai daerah di Provinsi Lampung.

METRO – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kemandirian masyarakat melalui Program Desa Berdaya di Kelurahan Ganjar Asri, Kota Metro, Lampung. Program ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, dengan fokus pada pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) keripik singkong.

Ganjar Asri memiliki 12 kelompok UMKM yang bergerak dalam produksi keripik singkong. Setiap bulan, wilayah ini mampu memproduksi sekitar 2 ton keripik singkong dengan berbagai varian rasa, yang dipasarkan ke beberapa daerah seperti Bandar Lampung, Lampung Timur, dan Lampung Tengah.

Ani Ruiyastuti, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Ganjar Asri, menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas inisiatif Program Desa Berdaya yang memberikan pendampingan bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka.

"Kami sangat berterima kasih kepada PLN atas rangkaian pelatihan kewirausahaan yang diberikan kepada pelaku UMKM di Ganjar Asri. Pengetahuan yang diperoleh melalui pelatihan ini sangat bermanfaat bagi seluruh peserta," ujar Ani dalam acara pembukaan Program Desa Berdaya pada Kamis (12/9/2024).

Ia juga menekankan pentingnya semangat dan antusiasme para pelaku UMKM dalam mengikuti pelatihan ini, karena pelatihan serupa sulit diadakan secara swadaya. Berkat Program Desa Berdaya dari PLN, para pelaku UMKM di Ganjar Asri kini dapat mengakses pengetahuan dan pendampingan langsung dari para praktisi.

"Harapan kami, melalui program ini, UMKM di Ganjar Asri akan semakin berkembang dan kami percaya bahwa dengan visi bersama, Kelurahan Ganjar Asri dapat menjadi Desa Berdaya melalui Sentra UMKM Keripik," lanjut Ani.

Dalam kesempatan yang sama, Manager PLN UP3 Metro, M. Burhanuddin Muflihul Hasan, menjelaskan bahwa Program TJSL Desa Berdaya ini merupakan bentuk kontribusi PLN dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan dan kemandirian ekonomi.

"Kami sangat bangga dengan masyarakat Ganjar Asri yang berinisiatif menjadikan wilayah ini sebagai Sentra UMKM Keripik Singkong, dan PLN siap mendukung sepenuhnya usaha ini," ujar Burhanuddin.

PLN bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bandar Lampung (UBL) dalam menyelenggarakan pelatihan bagi pelaku UMKM, dengan topik kewirausahaan, manajemen organisasi, dan pengemasan komersial. Pelatihan ini diharapkan menjadi bekal penting bagi UMKM untuk mengembangkan usaha mereka.

Selain pelatihan yang berlangsung selama dua hari, PLN juga memberikan dukungan berupa pembangunan gapura, yang diharapkan akan meningkatkan daya tarik dan pemasaran produk keripik singkong. "Semoga bantuan ini bermanfaat, dan masyarakat Ganjar Asri terus semangat dalam mengembangkan UMKM untuk kemajuan dan kemandirian daerah ini," tutup Burhanuddin. (*)