PGN Tegaskan Komitmen Pasokan Gas Bumi Berkelanjutan untuk Kelistrikan

2024-09-27T18:32:45.000Z

Penulis:Eva Pardiana

Direktur Komersial PGN, Ratih Esti Prihatini
Direktur Komersial PGN, Ratih Esti Prihatini

JAKARTA – PT PGN Tbk berkomitmen untuk terus menyediakan pasokan gas bumi yang stabil dan berkelanjutan guna mendukung sektor kelistrikan. Sektor ini menjadi salah satu konsumen utama gas bumi PGN, selain sektor industri yang juga mendominasi permintaan.

“Pasokan gas bumi untuk pembangkit listrik terus kami jaga, karena berkaitan langsung dengan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, pembangkit yang menggunakan gas bumi memiliki keunggulan tersendiri, mengingat gas bumi adalah bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dibandingkan minyak atau batu bara,” ujar Direktur Komersial PGN, Ratih Esti Prihatini, Jumat (27/9/2024).

Ratih menambahkan bahwa hubungan strategis antara PGN dan PLN terus diperkuat. Hal ini sebagai wujud komitmen PGN dalam memastikan pasokan gas yang andal, agar PLN dapat memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dengan optimal.

Selain itu, PGN juga mengelola dan mengoperasikan FSRU Lampung, yang memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan gas bumi untuk sektor kelistrikan dan industri. Gas yang diproses di FSRU Lampung, hasil regasifikasi Liquefied Natural Gas (LNG), terhubung dengan Pipa South Sumatera-West Java (SSWJ), yang menjadi tulang punggung distribusi gas dan sebagai titik suplai penting bagi kebutuhan energi.

Dalam rangka transisi energi menuju target Net Zero Emission pada tahun 2060, sektor kelistrikan akan menjadi salah satu fokus utama. Berdasarkan dokumen Bappenas tentang transisi energi, gas bumi diproyeksikan menjadi elemen penting dalam periode 2025–2029. Seiring dengan pembatasan penggunaan PLTU batu bara, gas bumi diharapkan menjadi solusi dalam penyediaan energi yang lebih bersih.

PGN juga akan terus mengembangkan program gasifikasi di berbagai sektor strategis, termasuk sektor kelistrikan nasional, guna mendukung transisi energi yang lebih ramah lingkungan.

Sebagai pengakuan atas kontribusinya dalam mendukung sektor kelistrikan, PGN menerima Penghargaan Tanda Kehormatan Listrik Indonesia pada Kamis, 27 September 2024, untuk kategori Produsen/Pemasok Energi atas komitmennya dalam mendorong penggunaan gas di pembangkit listrik.

“PGN akan terus menjaga keandalan pasokan dan infrastruktur gas bumi guna meningkatkan kepercayaan pengguna, termasuk sektor kelistrikan, yang sangat memerlukan kesinambungan bisnis dan investasi. Peningkatan pemanfaatan gas bumi di sektor kelistrikan juga akan memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional dan membantu mengurangi emisi karbon,” tutup Ratih. (*)

Tags:PGN