Penting Bagi Pemimpin, Inilah Cara Memiliki Emotional Intelligence yang Tinggi

2023-07-04T06:44:26.000Z

Penulis:Yunike Purnama

Editor:Redaksi

Menjadi pemimpin tak hanya membutuhkan keahlian teknis dan pengetahuan strategis untuk berkembang. Namun, pemimpin juga membutuhkan kecerdasan emosional atau emotional intelligence yang baik.
Menjadi pemimpin tak hanya membutuhkan keahlian teknis dan pengetahuan strategis untuk berkembang. Namun, pemimpin juga membutuhkan kecerdasan emosional atau emotional intelligence yang baik.

JAKARTA - Menjadi pemimpin tak hanya membutuhkan keahlian teknis dan pengetahuan strategis untuk berkembang. Namun, pemimpin juga membutuhkan kecerdasan emosional atau emotional intelligence yang baik. 

Kecerdasan emosional atau emotional intelligence adalah kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi dalam diri sendiri dan orang lain. Pemimpin yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi dapat mengelola konflik secara efektif, menavigasi percakapan yang mungkin terasa kurang nyaman, hingga menginspirasi orang lain untuk mencapai potensi mereka. 

Singkatnya, kecerdasan emosional adalah kunci yang penting dalam kepemimpinan karena mampu membantu membangun hubungan yang kuat, menginspirasi loyalitas karyawan yang menciptakan budaya kerja yang positif. 

Seperti dilansir oleh TrenAsia.com dari laman website resmi Entrepreneur, Jason Miller, penulis senior di Entrepreneur mengungkapkan cara memiliki emotional intelligence yang tinggi. 

Cara Memiliki Kecerdasan Emosional yang Tinggi

1.   Menguasai Empati

Empati adalah komponen kunci dari kecerdasan emosional namun kerap diremehkan untuk dimiliki. Mengembangkan empati dapat Anda mulai dengan latihan menempatkan diri Anda pada posisi orang lain dan memahami perasaan juga sudut pandang mereka. 

Cobalah untuk memperhatikan dengan seksama ketika seseorang sedang berbicara, ajukan pertanyaan terbuka dan tunjukkan rasa ingin tahu yang tulus untuk mengetahui pengalaman mereka. 

2. Menguasai Kesadaran Diri dan Kontrol Diri

Kesadaran diri penting dimiliki untuk menjadi cerdas secara emosional. Luangkan waktu sejenak untuk menguraikan apa yang terjadi di kepala Anda. Apakah Anda merasa stres, kewalahan, atau cemas? Dengan mengakui emosi Anda, Anda dapat bekerja untuk mengelolanya dan membuat keputusan dengan kesadaran penuh alih-alih terjebak dalam reaksi spontan. 

3. Menguasai Keterampilan Sosial

Menunjukkan bahwa Anda peduli dengan apa yang terjadi pada karyawan Anda dalam hidup mereka adalah salah satu cara untuk terhubung dengan mereka. Anda dapat menggunakan humor sebagai alat yang ampuh untuk mengasah kecerdasan emosional. Humor dapat meredakan ketegangan, membangun hubungan yang baik, dan menciptakan lingkungan kerja yang positif. 

4. Menguasai Hubungan 

Perhatikan bahasa tubuh Anda. Cara Anda duduk, ekspresi wajah Anda, dan kontak mata. Apapun yang Anda lakukan (atau tidak dilakukan) akan mengirimkan pesan kepada orang lain di sekitar kita. Menguasai bahasa tubuh dan isyarat nonverbal dapat membantu memperkuat hubungan Anda karena Anda akan lebih sadar akan perasaan orang lain. 

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai cara memiliki emotional intelligence yang tinggi sebagai seorang pemimpin.(*)