Pendongeng Lampung Jarwo Songha Meriahkan Acara Pelepasan Siswa RA Ma’arif 04 Batangharjo

2024-06-12T09:54:55.000Z

Penulis:Eva Pardiana

Pendongeng Lampung Jarwo Songha
Pendongeng Lampung Jarwo Songha Meriahkan Acara Pelepasan Siswa RA Ma’arif 04 Batangharjo

LAMPUNG TIMUR – Pendongeng Lampung, Jarwo Songha menjadi bintang tamu dalam acara pelepasan siswa-siswa RA Ma’arif 04 Nurul Amal Batangharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Acara yang dihadiri oleh sekitar 60 orangtua dan siswa ini diselenggarakan pada Senin (10/6/2024). Dalam acara ini para siswa tampil membawakan lagu “Kaulah Ibuku” dan memberikan bunga untuk ibu mereka masing-masing.

Pendongeng Lampung, Jarwo Songha, membawakan dongeng tentang perjuangan seorang anak kecil bernama Ucil yang memiliki semangat belajar yang tinggi. Hingga akhirnya Ucil bertemu Kakek Broto yang memberinya banyak nasehat. Kakek Broto menyarakan Ucil untuk masuk pondok pesantren dan melanjutkan pendidikan ke negara-negara Islam lainnya. Kakek Broto ingin Ucil menjadi ustadz yang mengajarkan pesan-pesan damai dalam ajaran agama Islam.

“Ilmu dan adab harus dipelajari dan dikuasai oleh generasi islam masa kini,” ungkap pendongeng yang pernah mendongeng dalam Safari Dongeng Maros, Sulawesi Selatan ini.

Esti Setianingsih, M.Pd, Kepala RA Ma’arif 04 Nurul Amal Batangharjo ini mnegatakan bahwa kami ingin menghadirkan nuansa yang berbeda untuk acara pelepasan siswa tahun 2024 ini. Ini adalah pengalaman pertama bagi anak-anak didongengin oleh pendongeng professional. Kami ingin anak-anak kami bahagia. Anak-anak sangat terhibur dengan dongeng yang dipentaskan oleh Kak Jarwo. Apalagi saat boneka Bruno muncul, anak-anak tambah semakin antusias.

“Kak Jarwo mendongeng dengan penuh totalitas dan lucu. Anak-anak tertawa bahagia,” ujar wanita asal Batangharjo ini.

Khodijah, salah satu siswa RA Ma’arif 04 Nurul Amal Batangharjo ini mengaku senang mendengarkan dongeng dari Kak Jarwo. Boneka Brunonya sangat menggemaskan dan lucu.

“Dongengnya lucu dan bagus,” ujar siswa kelas B itu. (*)