Lebih Dekat dengan Layanan Kemenkumham, Legal Expo Hadir di Lampung City Mall

2024-08-02T23:44:25.000Z

Penulis:Yunike Purnama

Editor:Redaksi

IMG_1990.jpeg

BANDARLAMPUNG — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Lampung, Dr. Sorta Delima Lumban Tobing bersama Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Intizam membuka acara legal expo bertajuk ekpand your horizon (perluas cakrawala anda) yang digelar di City Mall Bandarlampung pada, Jumat (02/08/2024).

Kegiatan tersebut merupakan dalam rangka peringati Hari Pengayoman ke-79 yang mengusung tema "Mengabdi untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045". Kegiatan itu merupakan rangkaian acara peringatan hari pengayoman ke-79 dan akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan atau hingga tanggal 4 Agustus mendatang.

Kakanwil Sorta menjelasksn kegiatan legal expo ini berupaya memperluas cakrawala masyarakat Lampung akan layanan Kemenkumham kepada masyarakat Lampung. Kemenkumham memiliki banyak fungsi baik seperti layanan Administrasi Hukum Umum yang meliputi layanan pengesahan badan usaha, Layanan kewarganegaraan dan pewarganegaraan, Layanan legalisasi dokumen publik dan apostille serta layanan kenotariatan.

"Selain itu ada layanan kekayaan intelektual yang meliputi pendaftaran merek, paten, indikasi geografis, desain industri dan desain tata letak sirkuit terpadu serta pencatatan hak cipta, KI Komunal dan rahasia dagang. Layanan fasilitasi pembentukan produk hukum daerah melalui harmonisasi, pembulatan dan pemantapan konsepsi produk hukum daerah," tuturnya.

Sementara itu Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Intizam mengatakan, jika Pemprov Lampung mengapresiasi upaya Kanwil Kemenkumham Lampung dalam melaksanakan berbagai terobosan dan inovasi dalam peningkatan pelayanan publik di sektor hukum dan hak asasi manusia.

Ia menambahkan, Pemprov Lampung menyambut baik kegiatan Legal Expo ini sebagai suatu media yang efektif dalam mengedukasi masyarakat dari berbagai segmen seperti para pelaku usaha, komunitas seni, industri kreatif, akademisi, keluarga serta masyarakat luas.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Lampung, Agvirta Armilia Sativa, serta Kepala OJK Provinsi Lampung, Otto Fitriandy dan Deputi Kepala Perwakilan BI Lampung, Achmad Subarkah.

Kepala OJK Provinsi Lampung Otto Fitriandy mengatakan, melalu kegiatan event legal expo ini menjadi sinergi antar lembaga baik dari Kemenkumham dan sektor jasa keuangan lainnya dalam mewujudkan UMKM lebih produktif.

"Karena dalam kegiatan ini juga memberikan layanan cara UMKM memiliki legalitas yang merupakan syarat perbankan dalam pengajuan modal dsb untuk pengembangan UMKM lebih produktif,"tambah Otto. (*)