Konsisten Dorong Perbaikan Lingkungan di Setiap Lini Bisnis, PLN Nusantara Power Raih 25 Penghargaan ENSIA

2024-08-12T12:49:59.000Z

Penulis:Yunike Purnama

Editor:Redaksi

d278592e-e224-472f-a7e9-2e5150861ceb.jpeg

BALI - PLN Nusantara Power kian menebalkan komitmennya dalam usaha pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat di setiap unit bisnisnya. Melalui penghargaan Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) Award 2024, PLN Nusantara Power memboyong 25 penghargaan sekaligus di bidang lingkungan, efisiensi energi, dan juga inovasi social. PLN NP berhasil menggaet 7 penghargaan platinum, 7 gold, dan 4 silver pada kategori inovasi lingkungan, serta 2 platinum, 1 gold, dan 2 silver pada kategori inovasi sosial.

Direktur Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah menyampaikan komitmen perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat serta upayanya untuk meningkatkan kualitas lingkungan di seluruh lini bisnisnya.

"PLN Nusantara Power memiliki DNA perubahan ke arah lebih baik. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan dan masyarakat di sekitar wilayah operasional kami", terang Ruly.

Adapun berbagai penghargaan yang diperoleh pada kategori inovasi lingkungan meliputi efisiensi energi, pengurangan limbah B3, efisiensi air, perlindungan keanekaragaman hayati, serta penurunan emisi.

Pencapaian ini mencerminkan upaya berkelanjutan PLN Nusantara Power dalam menerapkan inovasi teknologi yang ada di unit pembangkitanya dan  mengintegrasikan aspek sosial dan lingkungan ke dalam strategi bisnis perusahaan. Beberapa inovasi yang diaplikasikan telah dapat membantu peningkatan kualitas lingkungan secara signifikan sesuai dengan kategori yang diikutsertakan.

"Penghargaan ENSIA menjadi bukti konsistensi berkelanjutan yang dilaksanakan PLN Nusantara Power dalam menjalankan seluruh proses bisnis yang berlandaskan asas pengelolaan lingkungan hijau dan pemberdayaan masyarakat sekitar", tambah Ruly.

Sebanyak 2 local heroes yang merupakan binaan Corporate Social Responsibility (CSR) PLN NP juga turut menyumbangkan penghargaan ini yaitu  Mirawati, sebagai local hero yang berperan aktif dalam program Denting Nusantara dan memenangkan kategori pemberdayaan perempuan. Dengan background pendidikan sebagai ahli gizi, mendorong Mirawati bersama PLN NP UP Muara Karang untuk memberikan kontribusi terbaiknya dalam mengentaskan Stunting di Penjaringan, Jakarta Utara. Melalui sinergi yang apik antara PLN NP UP Muara Karang dan Mirawati, sebanyak 86% dari total balita di Penjaringan berhasil naik dari kategori stunting menjadi ideal.

Son Haji, Local Hero Binaan CSR PLN NP UP Rembang, sebagai penggerak Program KAPAL PESIAR berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Local Hero Inspiratif pada kategori Pengurangan Kesenjangan. Son Haji berkolaborasi dengan PLN NP UP Rembang berfokus dalam konservasi lingkungan di wilayah pesisir, pengurangan dan pengelolaan sampah dan pengembangan kualitas literasi di wilayah Kabupaten Rembang.

Melalui penghargaan ini, PLN Nusantara Power akan senantiasa memperkuat komitmennya untuk dapat konsisten dalam menciptakan inovasi dengan memberikan solusi terbaik bagi lingkungan dan masyarakat, serta berkontribusi secara positif untuk internal dan eksternal perusahaan, dengan harapan dapat terciptanya keberlanjutan untuk masa depan yang lebih baik.

Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) adalah penghargaan yang diberikan sebagai bentuk apresiasi oleh PT SUCOFINDO dan bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). ENSIA Award merupakan penghargaan kepada pelaku usaha di Indonesia yang memiliki inovasi di bidang lingkungan dan sosial dan sudah diselenggarakan sejak tahun 2022. (*)