Kemeriahan SMEXPO di Lampung, Gali Potensi UMKM hingga Hadirkan Citra Skolastika dan Batas Senja

2024-09-20T22:04:14.000Z

Penulis:Yunike Purnama

Editor:Redaksi

IMG_3313.jpeg

BANDARLAMPUNG — Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel resmi membuka Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) Bandar Lampung 2024 di Mall Boemi Kedaton (MBK), Bandar Lampung mulai tanggal 20 - 22 September 2024.

Pembukaan secara resmi ditandai dengan penabuhan Tambur, oleh Sekertaris Dinas ESDM Provinsi Lampung Sopan Sopian, Manager SMEPP PT Pertamina Persero, Dewi Sri Utami, Manager CSR & SMEPP Management Pertamina Patra Niaga, Retno Wahyuningsih, Jajaran Tim Management Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel dan Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih.

Hadirkan Guest Star Citra Skolastika dan Batas Senja

Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024 menampilkan berbagai acara menarik, diantaranya pameran produk UMKM, talkshow, workshop, dan perlombaan, serta menampilkan performer dari musisi nasional seperti Citra Skolastika dan Band Batas Senja.

Unjuk Gigi 35 UMKM Binaan Pertamina se-Sumbagsel

 Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih bersama Sekdis ESDM Lampung saat tour visit booth UMKM. Foto: Ist

Dalam rangkaian kegiatannya, lebih dari 35 UMKM yang mengikuti Pertamina SMEXPO Lampung 2024 yang dilaksanakan hari ini sampai 3 hari kedepan. Diantaranya, mitra UMKM kuliner yaitu Kopi Putra Abadi, Telaga Rizki, Sulastri Lampung, Keripik Marimar, D&K, Moga Djaya, Keripik Nuha, Camilan Twinny, Ommey, dan Pempek Syamil.

Lalu ada berbagai macam olahan kuliner dari TJSL Pertamina Sumbagsel berupa Kopi, Keripik Sawi, Madu Kelulut, Kerupuk Atom, Pangsit, Brownies Kering, Kaldu Ikan, dan Abon Gabus. Olahan kuliner lainnya juga dibawakan oleh TJSL PT Pertamina Geotermal Enegy Ulu Belu berupa Kopi dan Melon, lalu TJSL dari PT Kilang Pertamina Internasional RU III Plaju berupa Teh Herbal, Aneka Keripik, dan Kemplang.

Lalu mitra UMKM craft yaitu House of Laibana, Pengrajin Pelangi, Azizah Songket, Della Tapis, Owase Galary, Novi Batik, Jama Jama Project, Rumah Scrunchie, Dafina Craft, Java Silver, dan Bunga Fortuna. Kemudian juga produk craft dari TJSL Pertamina Sumbagsel berupa Baju dan Kain Jumputan, serta produk binaan TJSL PT Kilang Pertamina Internasional RU III Plaju yaitu Ecoprint, Parfum, dan Tas Meiwa.

Manager SMEPP PT Pertamina Persero, Dewi Sri Utami. Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger

Manager SMEPP PT Pertamina Persero, Dewi Sri Utami, menyampaikan Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024 merupakan event ditahun kelima dan sebagai langkah strategis untuk mengoptimalkan potensi UMKM mitra binaan Pertamina, dengan tujuan menjadikan mereka pelaku bisnis yang kompetitif di tingkat nasional maupun global.

“Penyelenggaraan Pertamina SMEXPO di Kota Bandar Lampung tentu saja akan sukses sebagaimana pelaksanaan di kota-kota sebelumnya. Karena disini UMKM-nya sudah kami kurasi dan terpilih dari wilayah Sumbagsel, yang tentu saja mengangkat potensi-potensi lokal yang ada disini,” ungkap Dewi.

Langkah UMKM Menuju Panggung Global

Sekretaris Dinas ESDM Provinsi Lampung, Sopan Sopian menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024, dan berharap adanya kemajuan perekonomian Kota Lampung setelah terselenggaranya acara ini.

“Dengan adanya Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024, saya yakin potensi ini akan terekspos dan membawa Lampung ke panggung ekonomi yang lebih besar. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pasar yang lebih luas, serta menjalin kolaborasi yang dapat mendorong kemajuan dan inovasi,” tutur Sopian.

Dukung Pemerintah Dorong Masyarakat Transaksi Cashless

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih. Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih menegaskan Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024 sejalan dengan komitmen Pertamina terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya dalam aspek Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta prinsip ESG (Environmental, Social & Governance).

“Diharapkan dengan berjalannya kegiatan ini, masyarakat juga ikut maju, mendapatkan manfaat dan dampak penyaluran energi pertumbuhan ekonomi. Sehingga sejalan dengan prinsip kami, no one left behind, semuanya harus sama-sama maju,” ungkap Zibali.

Selama event berlangsung Pertamina juga mendorong masyarakat untuk transaksi secara Cashless atau non tunai sebagai upaya mendukung program pemerintah. Untuk platform pembayaran Pertamina memiliki aplikasi MyPertamina yang tidak hanya bisa untuk transaksi membeli bbm dan elpiji, tetapi juga bisa untuk pembayaran transaksi lainnya.

Pertamina kembali mengajak masyarakat untuk menjadi bagian dari perjalanan UMKM lokal, dan mendukung pertumbuhan dengan menghadiri Pertamina SMEXPO Lampung 2024 dan membeli produk-produk lokal terbaik.

Pastikan untuk terus menilik informasi terkini mengenai Pertamina SMEXPO Palembang 2024 melalui akun Instagram resmi di https://www.instagram.com/smexpo.bandarlampung. (*)