Kejar Mimpi Lampung by CIMB Niaga Turut Lestarikan Sumber Daya Ekowisata Mangrove Cukunyinyi

2023-12-27T16:41:32.000Z

Penulis:Yunike Purnama

Editor:Redaksi

0db94186-fd1d-4f3f-9f09-d0dc40e73d22.jpeg

PESAWARAN - Kejar Mimpi Lampung by CIMB Niaga sukses menggelar event ecowisata dengan fokus Pendidikan, Lingkungan dan Pembangunan Ekonomi Sosial.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kearifan lokal dan wisata daerah.

Komunitas Kejar Mimpi Lampung melalui program Telusur Lampung mengadakan kegiatan Pendidikan, Lingkungan, dan Pembangunan Ekonomi Sosial bertema "Discovering Mangroves: Cultivating Environmental Awareness For Zillennials" yang kali ini berkolaborasi dengan Resimen Mahasiswa Batalyon 201/Pemukul Universitas Lampung.

Ketua pelaksana Telusur Lampung Septian Cahaya Ramadhan menjelaskan, kegiatan telusur Lampung yang diadakan selama 2 hari ini pada tanggal 16-17 Desember 2023 yang bertempat di Ecowisata Mangroves Cuku Nyinyi adalah kegiatan yang berfokus pada pilar kejar mimpi Lampung yaitu pendidikan, lingkungan dan pembangunan ekonomi sosial.

 Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi warga Desa Sidodadi dan meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga lingkungan serta pemanfaatan tanaman mangrove.

Kegiatan ini pun tidak lepas dari keterlibatan berbagai pihak, baik pihak Desa Sidodadi, pengelola Ecowisata Mangroves Cuku Nyinyi, ekstra kulikuler mangroves UPTD SMPN 25 Pesawaran, berbagai media patner serta pihak sponsor OMG (Oh My Glow).

Tanpa adanya mereka, kegiatan ini tidak dapat berjalan dengan semestinya. Berlangsungnya kegiatan Telusur Lampung ini juga bertujuan guna menumbuhkan kesadaran akan penting nya mangrove bagi kehidupan masyarakat pesisir khususnya serta bagaimana cara memafaatkan dan mengelola mangrove menjadi barang atau bahan olahan yang memiliki nilai jual tinggi.

 Ragam materi yang diberikan untuk peserta kali ini seperti penanaman mangrove, materi mengejar mimpi, materi ekowisata, materi pembuatan handsanitizer, serta materi bela negara.

Tidak hanya itu kegiatan ini juga menggandeng pihak desa dengan mengadakan festival kuliner di desa sidodadi guna meningkatkan penghasilan UMKM desa sidodadi dan juga meningkatkan promosi daerah ecowisata mangrove cukunyinyi itu sendiri.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh beberapa pemateri diantaranya Leader Kejar Mimpi Lampung Suhaimi, Pengelola Ecowisata Cukunyi-nyi Bapak Andi Sofyan, Dosen Fakultas Pertanian ibu DR. Oktaf Rina, S.Si., M.Si, dan Resimen Mahasiswa Batalyon/201 Pemukul Universitas Lampung.

 Antusiasme peserta kegiatan Telusur Lampung ini cukup tinggi dengan berbagai materi yang diberikan oleh para pemateri diikuti dengan seksama dengan total peserta sebanyak 50 siswa/i dan peserta umum.

 “Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat menumbuhkan kecintaan siswa terhadap lingkungan dan melestarikan mangrove, serta meningkatkan ekonomi sosial bagi pengelola wisata Cuku Nyinyi juga masyarakat desa Sidodadi kab Pesawaran” ungkap Septian.

Pada sambutannya Leader Kejar Mimpi Lampung Suhaimi berharap kegiatan ini dapat berlanjut disetiap tahunnya sehingga dapat memberikan dampak-dampak yang positif untuk masyarakat yang lebih luas khususnya di Provinsi Lampung.

 Besar harapan dengan diadakan program ini untuk menumbuhkan rasa cinta kita terhadap lingkungan dan melestarikan mangrove, rasa cinta terhadap bela negara untuk seluruh pemuda pemudi di Indonesia khususnya di Provinsi Lampung dan membantu mengembangkan ekomoni sosial pada masyarakat Desa Sidodadi, Kabupaten Pesawaran.

 CIMB Niaga akan terus berupaya dalam mendukung anak muda mewujudkan aspirasi menjadi inspirasi yang bermakna untuk kemajuan Indonesia. CIMB Niaga berkomitmen untuk terus mewadahi komunitas Kejar Mimpi yang telah tersebar di 35 kota untuk melanjutkan berbagai program yang berdampak bagi masyarakat luas. (*)

Tentang Komunitas Kejar Mimpi

Komunitas Kejar Mimpi adalah bagian dari Gerakan sosial#KejarMimpi yang diinisiasi PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) sebagai wadah bagi generasi muda untuk mengasah skillkepemimpinan dan volunteering.

Gerakan sosial #KejarMimpimemiliki visi untuk membentuk generasi muda Indonesia yang positif dalam menerapkan nilai hidup melalui pengembangan dan motivasi diri yang baik, sehingga mampu memberikan nilai yang dapat memajukan Indonesia.

Saat ini, Komunitas Kejar Mimpi telah tersebar di 35 kota di Indonesia dengan lebih dari 800 anggota aktif. Sejak berdiri hinggakini, Komunitas Kejar Mimpi telah menyelenggarakan lebih dari1.000 kegiatan sosial serta menginspirasi lebih dari 147.000 masyarakat dalam mengembangkan diri, melakukan aksi sosial dan memberikan dampak positif untuk masyarakat sekitar melalui 4 pilar utama yaitu Pendidikan, lingkungan, filantropi dan pembangunan ekonomi sosial. (*)