25 Tahun Scooter Owners Group Indonesia Chapter Lampung, Tetap Eksis dan Solid

2024-08-10T15:15:17.000Z

Penulis:Eva Pardiana

Editor:Eva Pardiana

Jamaril Akbar, Ketua SOG Indonesia Chapter Lampung didampingi Tom Anandha Enfoucher, SOG Indonesia Pusat saat diwawancarai SMSI Bandar Lampung, di Kedai Kopi Fiyu, Jumat (9/8/2024).
Jamaril Akbar, Ketua SOG Indonesia Chapter Lampung didampingi Tom Anandha Enfoucher, SOG Indonesia Pusat saat diwawancarai SMSI Bandar Lampung, di Kedai Kopi Fiyu, Jumat (9/8/2024).

BANDAR LAMPUNG – Komunitas sepeda motor skuter, Scooter Owners Group (SOG) Indonesia Chapter Lampung terus menunjukkan eksistensinya di Bumi Ruwa Jurai.

Jamaril Akbar, Ketua SOG Indonesia Chapter Lampung didampingi Tom Anandha, Enfoucher SOG Indonesia Pusat menjelaskan, komunitas ini dibentuk pada tanggal 17 Agustus 1998 yang mana pada saat itu anggotanya hanya berjumlah 10 orang. Hingga akhirnya, pada tahun 1999 pengurus SOG Chapter Lampung dilantik.

"Pada mulanya kita dilantik oleh pusat di Branti, Natar Lampung Selatan. Pada saat itu, disitulah base Camp kami pertama berdiri," kata pria yang akrab siapa Jamal itu saat diwawancarai SMSI Bandar Lampung di Kedai Kopi Fiyu, Jumat (9/8/2024).

Lebih lanjut, meski tak memiliki visi dan misi formal, semangat kebersamaan menjadi kekuatan utama komunitas ini dalam membangun solidaritas di antara para anggotanya.

"Kami tidak memiliki misi dan visi yang formal, tapi yang terpenting adalah kita berjalan bersama. Satu motor bisa membawa banyak kawan dan saudara. Seiring berjalannya waktu hingga saat ini jumlah anggota kita ada 138 orang," jelas Jamal.

Sejak berdirinya, SOG Indonesia Chapter Lampung telah berhasil memperluas jaringannya hingga memiliki beberapa rayon, seperti di Pringsewu, Pesisir Barat, Way Kanan, dan Lampung Selatan.

SOG Indonesia Menjangkau Dunia

Sementara itu, Tom Anandha, Enfoucher SOG Indonesia Pusat menambahkan, sejauh ini SOG Indonesia sudah memiliki lebih 48 chapter yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Tak hanya itu, komunitas ini juga telah melebarkan sayapnya ke luar negeri dengan membentuk brothers international di Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Inggris dengan jumlah anggota aktif lebih dari 4.700 orang.

"Alhamdulillah, sekarang Scooter Owners Group (SOG) Indonesia sudah ada 48 chapter di seluruh Indonesia, ditambah empat brothers di luar negeri yaitu di Malaysia, Brunei, Singapura, dan Inggris," tambahnya.

Kehadiran SOG Indonesia di luar negeri menjadi bukti bahwa semangat persaudaraan dan kecintaan terhadap skuter mampu menjangkau berbagai belahan dunia.

"Bakal ada dua tambahan brothers lagi yang akan bergabung, yaitu di Australia dan California," kata Tom.

Kemudian, dijelaskan juga setiap chapter berfungsi sebagai wadah bagi para pecinta skuter untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan mempererat ikatan persahabatan.

Dengan filosofi yang sederhana namun kuat, SOG Indonesia terus melaju dan menghubungkan para pecinta skuter di seluruh penjuru dunia.

Perayaan Hari Jadi Ke-25 

SOG Indonesia Chapter Lampung, dengan bangga merayakan pencapaian besar, yakni 25 tahun eksistensi mereka di dunia komunitas otomotif.

Welda Nuaris, Ketua Pelaksana HUT ke-25 SOG Indonesia Chapter Lampung, menuturkan perayaan perak ini diselenggarakan dengan semangat persaudaraan yang telah menjadi fondasi komunitas sejak didirikan.

Acara yang rencananya digelar Sabtu, 24 Agustus 2024 di Bumi Kedaton, Bandar Lampung ini mengundang anggota SOG dari berbagai daerah di Indonesia.

"Tidak hanya parade skuter, rangkaian acara juga mencakup kegiatan sosial seperti bakti sosial, donor darah, hingga adu mekanik atau adu tangkas rakit skuter," papar Welda.

Dengan dilaksanakannya perayaan hari jadi ke-25 ini menjadi bukti kuatnya ikatan persaudaraan antar anggota SOG yang tidak hanya terjalin di atas roda dua, tetapi juga dalam kepedulian terhadap sesama.

"SOG ini menjadi contoh nyata bagaimana hobi dan kecintaan pada kendaraan dapat menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang," pungkasnya. (*)