X Rilis Fitur Baru untuk Admin Communities

Yunike Purnama - Senin, 16 Oktober 2023 14:22
X Rilis Fitur Baru untuk Admin Communities (sumber: null)

BANDARLAMPUNG - Twitter atau X baru saja meluncurkan fungsi baru yang memungkinkan admin dari fitur Communities meminta orang baru atau anggota baru menjawab pertanyaan sebelum bergabung dengan grup atau Communities tertentu. Fitur ini merupakan bagian dari fitur Twitter Communities, sebuah cara baru bagi pengguna untuk saling terhubung, berbicara, dan terlibat dengan orang lain yang memiliki minat yang sama.

Fitur baru di X ini baru saja diluncurkan pada 13 Oktober yang lalu. Dengan fitur baru ini, admin komunitas yang ada di fitur Communities X dapat meminta orang atau anggota baru untuk menjawab beberapa pertanyaan terlebih dahulu sebelum mereka dapat bergabung dengan grup komunitas tersebut. 

Seperti yang dapat dilihat dari screenshot tampilan yang diberikan oleh X, halaman ini digunakan untuk bergabung dengan grup komunitas, di mana terdapat beberapa pertanyaan, aturan grup, dan konten lainnya. Selain itu, ada tombol ‘Agree and join’ di bagian bawah yang bisa ditekan oleh pengguna, jika setuju untuk bergabung. Sebelumnya, opsi ini sebetulnya sudah ada di platform jejaring sosial lainnya seperti Facebook.

Seperti yang Anda ketahui setelah Elon Musk mengakuisisi Twitter, ia mempertimbangkan untuk mengubah platform media sosial Twitter menjadi aplikasi super lainnya seperti WeChat. Bahkan, dilaporkan bahwa Elon Musk sempat berbicara mengenai kecintaannya pada model WeChat, di mana WeChat seperti kombinasi dari Twitter, PayPal dan masih banyak lagi dan menggunakan antarmuka yang hebat.

Apa Itu Twitter Communities?

Twitter Communities atau Komunitas Twitter adalah fitur baru yang memugkinkan pengguna X untuk membuat dan bergabung dengan grup berdasarkan minat mereka. Grup-grup ini akan dikelola oleh admin komunitas dan moderator untuk menegakkan peraturan komunitas serta menjaga percakapan yang terjadi tetap informatif, relevan, dan menyenangkan.

Melalui Twitter Communities, pengguna dapat terhubung dengan orang lain yang memiliki minat, hobi, tujuan, dan minat yang sama, serta agar pengguna merasakan sensasi sedang menonton, menikmati, dan berpartisipasi dalam sesuatu di mana orang lain bisa aktif dan memahaminya.

Manfaat Fitur Baru di Twitter Communities 

Fitur baru yang baru saja ditambahkan X di Communities ini memiliki beberapa manfaat bagi admin Communities, seperti berikut.

1. Memastikan Anggota Baru Cocok dengan Communities

Dengan memberikan pertanyaan sebelum bergabung dengan grup, administrator Communities dapat memastikan apakah anggota baru memiliki nilai dan minat yang sama dengan anggota lain. Selain itu, hal ini akan membantu menjaga kualitas percakapan yang berlangsung di Communities agar tetap relevan.

2. Mengurangi Spam dan Troll

Dengan mewajibkan pertanyaan, administrator Communities dapat mengurangi jumlah akun spam dan troll yang bergabung dalam grup Communities. Hal ini tentu akan membuat para anggota Communities jadi semakin nyaman.

3. Menyesuaikan Pertanyaan

Admin Communities dapat menyesuaikan pertanyaan agar sesuai dengan kebutuhan komunitas. Hal ini dapat membantu memastikan bahwa anggota baru tersebut cocok untuk komunitas dan memiliki minat serta nilai yang sama.(*)

Editor: Redaksi
Tags fitur baruBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS