Wisata Dam Raman Diminta Untuk Dikembangkan

Eva Pardiana - Rabu, 28 Februari 2024 14:42
Wisata Dam Raman Diminta Untuk Dikembangkan Wisata Dam Raman, Kota Metro (sumber: Foto by Dunia Indra )

BANDARLAMPUNG  - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendorong Pemerintah Kota Metro untuk mengembangkan wisata Dam Raman sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Kota Metro..

Hal ini disampaikan Arinal kepada Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin dan jajarannya di sela-sela sambutannya dalam acara peresmian Rumah Sakit Hewan Kota Metro, Rabu (28/2/2024).

"Jangan dibiarkan begitu saja Dam Raman itu. Jadikan tempat wisata, tempat kuliner, tempat memancing," ujar Arinal.

Menurut Arinal, bendungan yang dibangun di masa pendudukan Belanda ini berada di lokasi yang strategis.

"Dam Raman bisa menjadi persinggahan orang dari Lampung Timur, Lampung Tengah, dan dari Kota Metro sendiri," sambungnya.

Di sisi lain, Arinal mengingatkan bahwa Kota Metro tidak bisa menyaingi wisata bahari Kabupaten Pesawaran.

"Kota Metro tidak memiliki pantai, sehingga tidak bisa menyaingi wisata bahari Kabupaten Pesawaran," kata Arinal.

Arinal mengatakan, Kota Metro memiliki potensi wisata yang berbeda dengan Kabupaten Pesawaran. Kota Metro memiliki wisata sejarah, budaya, dan kuliner yang kaya.

Kota Metro, menurut Arinal, harus fokus mengembangkan potensi wisata yang dimilikinya.

Potensi Wisata Dam Raman

Dam Raman berada sekitar 9-10 kilometer arah Utara Taman Merdeka Kota Metro. Dam ini memiliki total luas area sebesar 26 Ha  dan memiliki pemandangan yang indah.

Di sekitar Dam Raman terdapat berbagai fasilitas, seperti taman, gazebo, dan area bermain anak. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat berbagai warung makan dan pedagang kaki lima.

Dam Raman merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kota Metro. Pada akhir pekan, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

Pengembangan wisata Dam Raman diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Metro. Selain itu, pengembangan wisata ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. (WAN)

RELATED NEWS