WhatsApp Uji Mode View Once untuk Fitur Voice Note

Yunike Purnama - Jumat, 20 Oktober 2023 21:50
WhatsApp Uji Mode View Once untuk Fitur Voice NoteIlustrasi (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - WhatsApp dilaporkan berencana untuk merilis fitur yang memungkinkan pengguna iOS dan Android untuk menerapkan mode view once untuk fitur Voice Note, serupa dengan fitur yang ada untuk jenis media lainnya. Fitur tersebut saat ini dilaporkan sedang menjalani pengujian oleh beta tester dan diharapkan akan tersedia untuk pengguna yang lebih luas dalam waktu dekat.

Seperti yang dilaporkan dari WABetaInfo, aplikasi perpesanan instan ini memperkenalkan fitur privasi baru kepada pengguna beta dengan memperkenalkan voice note yang dapat hilang dengan sendirinya. Saat ini pengguna WhatsApp hanya memiliki kemampuan untuk menggunakan mode view once ketika berbagi gambar dan video dengan kontak mereka di aplikasi. Sekarang, fitur yang serupa sedang diatur untuk diperluas ke voice note.

Fitur tersebut dilaporkan akan diluncurkan oleh beta tester tertentu yang menggunakan WhatsApp beta untuk Android melalui Google Play Store dan WhatsApp beta untuk iOS melalui aplikasi TestFlight. 

Dalam laporan WABetaInfo, terdapat tangkapan layar dari fitur yang sedang diuji tersebut di mana terdapat ikon ‘view once’ yang dapat dikenali dalam antarmuka obrolan pesan suara. Dengan mengetuk ikon view once tersebut pengguna dapat mengirimkan voice note dalam mode view once. Voice note yang sudah dikirim ketika mengaktifkan fitur ini tidak dapat diputar ulang, disimpan, atau dibagikan.

Mode view once fitur voice note

Perlu diingat bahwa WhatsApp juga telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan fitur passkeys tanpa password untuk pengguna Android. Inisiatif ini hadir untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan dengan menghilangkan kebutuhan otentikasi SMS yang konvensional karena tidak aman dan merepotkan.

Tidak hanya itu, dalam pengumuman WhatsApp yang dibuat di X, perusahaan tersebut menyebutkan bahwa pengguna Android dapat masuk kembali ke WhatsApp dengan mudah dan aman menggunakan passkeys. Pengguna bisa menggunakan wajah, sidik jari, atau pin Anda untuk membuka passkeys akun WhatsApp Anda.

Meski passkeys sekarang sudah menjalani pengujian awal, passkeys tersebut kini siap untuk dirilis ke basis pengguna umum. Kendati demikian, saat ini masih belum ada informasi mengenai penyertaan passkeys WhatsApp untuk pengguna iPhone.

WhatsApp juga telah mengungkapkan bahwa dukungan untuk perangkat Android untuk passkeys akan diperkenalkan secara bertahap selama beberapa minggu dan bulan mendatang. Passkeys memberikan alternatif password tradisional dengan memanfaatkan metode autentikasi yang ada di perangkat Anda.(*)

Editor: Redaksi
Tags Voice Note whatsappBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS