WhatsApp Dikabarkan Sedang Mengerjakan Fitur Baru Passkey

Yunike Purnama - Sabtu, 12 Agustus 2023 10:25
WhatsApp Dikabarkan Sedang Mengerjakan Fitur Baru PasskeyWhatsApp terus mengembangkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman berguna serta meningkatkan privasi dan keamanan pengguna. (sumber: Freepik)

AS - WhatsApp terus mengembangkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman berguna serta meningkatkan privasi dan keamanan pengguna. Platform perpesanan instan populer milik Meta tersebut dikabarkan sedang mengerjakan fitur passkey yang akan digunakan untuk verifikasi akun.

Seperti yang dilaporkan oleh WABetaInfo, fitur ini diharapkan akan tersedia untuk pengguna di pembaruan yang akan datang. Dalam pembaruan terbaru yang tersedia untuk pengguna Android beta, para beta tester telah menemukan bahwa WhatsApp telah mengerjakan passkey untuk aplikasi tersebut. Namun, fitur passkey saat ini sedang dalam pengembangan.

Cara Kerja Fitur Passkey

Laporan tersebut juga menjelaskan bagaimana fitur passkey ini bekerja untuk pengguna. FItur passkey akan menawarkan kepada pengguna cara sederhana untuk masuk dengan aman

Passkey adalah rangkaian pendek angka atau karakter yang digunakan untuk mengautentikasi identitas pengguna. Kode keamanan ini memastikan bahwa hanya perangkat yang disetujui yang dapat diautentikasi.

Selain itu, dengan adanya passkey, pengguna tidak perlu lagi mengingat passkey karena sudah disimpan dengan aman di Google Password Manager. WhatsApp dilaporkan juga berencana untuk mendukung teknologi ini untuk keperluan verifikasi akun.

Pentingnya Passkey

Passkey akan meningkatkan keamanan karena akan menggunakan kunci sidik jari, wajah, atau layar untuk melakukan verifikasi identitas pengguna. Adanya passkey juga akan menambah lapisan perlindungan ekstra di luar metode konvensional seperti PIN. Selain itu, penyimpanan passkey yang aman di Google Password Manager juga akan memastikan akses yang mudah sambil mempertahankan perlindungan yang kuat terhadap pengguna yang tidak valid.

WhatsApp Mencari Cara Baru untuk Verifikasi Akun

Tidak hanya passkey, baru-baru ini WhatsApp dilaporkan sedang mengerjakan fitur keamanan baru yang dapat melindungi akun menggunakan alamat email. Fitur ini diharapkan dapat menambah lapisan keamanan lainnya ke akun WhatsApp karena akan memperkenalkan kemampuan untuk melindungi dan melakukan verifikasi akun dengan menggunakan alamat email. Selain itu, WhatsApp juga mengeksplorasi cara baru untuk membantu pengguna memverifikasi akun pengguna.(*)

Editor: Redaksi
Tags PasskeywhatsappBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS