Waspadai Penipuan Berkedok Arisan, Berikut Ciri-cirinya!

Chairil Anwar - Sabtu, 09 April 2022 14:39
Waspadai Penipuan Berkedok Arisan, Berikut Ciri-cirinya! Waspada penipuan berkedok arisan online. (sumber: Tren Asia)

JAKARTA — Semua orang pasti ingin sukses dan memiliki banyak uang untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Tentu saja, jika ingin mendapatkan kesuksesan, harus diiringi dengan kerja keras.

Namun, tidak semua orang mampu untuk bekerja keras. Beberapa orang justru memilih jalan pintas yang dapat memberikan kesuksesan secara instan. 

Apabila Anda masih tergiur saat melihat promosi dari kerabat, teman, sahabat, atau media sosial mengenai suatu investasi atau Semua orang pasti ingin sukses dan memiliki banyak uang untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Tentu saja, jika ingin mendapatkan kesuksesan, harus diiringi dengan kerja keras. yang memberikan iming-iming keuntungan yang tinggi, sebaiknya Anda mulai menghentikan kebiasaan ini. Hal ini karena iming-iming tinggi merupakan salah satu cara penipu agar mendapatkan uang dari calon korbannya.

Apalagi, saat ini juga banyak arisan online yang ternyata justru merupakan penipuan. Oleh karena itu, agar Anda tidak lagi jadi korban para penipu berkedok arisan online, simak ciri-cirinya berikut ini.

Seperti yang dilansir Trenasia.com dari Kominfo, berikut ciri-ciri penipuan berkedok arisan yang perlu Anda waspadai.

Memberikan Iming-Iming Keuntungan yang Tinggi

Tidak hanya menjanjikan keuntungan tinggi dalam waktu yang cukup singkat, para penipu juga bahkan berani mengklaim arisan ini sama sekali tidak berisiko.

Menggunakan Skema Ponzi

Skema ponzi dapat dikenali dengan ciri-ciri memberikan keuntungan bagi anggota yang sudah lebih dulu bergabung. Keuntungan tersebut diperoleh dari anggota yang baru gabung belakangan.

Legalitas Masih Dipertanyakan

Arisan online atau arisan bodong jelas tidak mungkin berada di bawah naungan suatu lembaga resmi, meski mereka mengklaim telah mengelola dana ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Memberikan Promosi yang Mewah

Biasanya agar peserta yang ikut arisan semakin banyak, pelaku arisan bodong akan menggunakan promosi seperti menggunakan perhiasan mewah, motor, dan mobil mewah.

Itu tadi beberapa ciri-ciri penipuan berkedok arisan yang kini kerap terjadi. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, Anda akan jadi lebih waspada terhadap penipuan yang mungkin bisa dilakukan oleh orang-orang terdekat Anda. (CA) 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 09 Apr 2022 

Editor: Chairil Anwar
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Lihat semua artikel

RELATED NEWS