Waspada, Pop Up Iklan di Ponsel Bisa Curi Data Pribadi!

Chairil Anwar - Senin, 18 April 2022 02:38
Waspada, Pop Up Iklan di Ponsel Bisa Curi Data Pribadi! Hati-hati! Pop Up Iklan di Ponsel Bisa Curi Data Pribadi, Ini Cara Mencegahnya (sumber: Freepik.com/katemangostar)

BANDAR LAMPUNG — Anda tentu tidak asing lagi dengan pop up iklan saat sedang berselancar di internet lewat ponsel atau laptop. Biasanya pop up iklan akan muncul baik di samping atau memblokir aktivitas Anda sampai Anda mengklik untuk menutup jendela tersebut.

Fenomena mengganggu tersebut dihasilkan dari adware. Artinya, iklan itu didukung dengan software atau perangkat lunak. Adware juga merupakan suatu perangkat lunak yang dirancang untuk menampilkan iklan di layar ponsel Anda, paling sering di dalam browser web. Biasanya, adware menggunakan metode seperti membonceng program lain saat Anda menginstalnya di PC, tablet, atau perangkat seluler Anda.

Adware menghasilkan pendapatan bagi pengembangnya secara otomatis dengan menampilkan iklan online tersebut di antarmuka pengguna perangkat lunak atau pada layar yang muncul selama proses pemasangan. Anda juga bisa mengetahui beberapa tanda khas bahwa ponsel Anda terdapat adware, yaitu sebagai berikut. 

  1. Iklan muncul di tempat yang tidak seharusnya,
  2. Beranda browser web berubah secara misterius tanpa izin Anda,
  3. Halaman web yang biasa Anda kunjungi tidak ditampilkan dengan benar,
  4. Tautan situs web mengalihkan ke situs yang berbeda dari yang Anda harapkan,
  5. Peramban web berjalan dengan lambat,
  6. Mac mulai menginstal aplikasi perangkat lunak yang tidak diinginkan secara otomatis.

Biasanya, adware muncul di ponsel Anda karena aktivitas Anda sendiri, misalnya karena memasang aplikasi yang ilegal atau asal klik iklan di website. Tidak hanya mengganggu, ternyata adware juga dapat mencuri data pribadi Anda.

Cara menghindari agar ponsel Anda tidak terdapat adware. 

  1. Jangan asal klik iklan atau link yang ada di sebuat situs,
  2. Memasang atau instal aplikasi hanya dari Google Play, App Store, atau tempat resmi lainnya.
  3. Segera hapus aplikasi yang mencurigakan dari ponsel Anda.

Itu tadi beberapa cara mencegah iklan pop up atau adware agar tidak mengganggu dan mencuri data pribadi Anda. Selamat mencoba! (CA) 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 17 Apr 2022 

Editor: Chairil Anwar
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Lihat semua artikel

RELATED NEWS