Waspada Macet Total! Hindari Mudik Lebaran di Tanggal Ini

Yunike Purnama - Rabu, 12 April 2023 09:07
Waspada Macet Total! Hindari Mudik Lebaran di Tanggal IniMudik Lebaran, Diprediksikan Sebanyak 18,23 juta Orang Akan Masuk Ke Jateng (sumber: Ilustrasi arus mudik/istimewa)

BANDARLAMPUNG - Mudik adalah salah satu tradisi yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tidak hanya itu, mudik juga menjadi momen spesial yang selalu dinantikan oleh masyarakat Indonesia karena bisa berkumpul kembali bersama dengan keluarga besar.

Pada Lebaran 2023 ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memproyeksikan ada sebanyak 123,8 juta orang yang ikut mudik. Jumlah ini ternyata meningkat di bandingkan tahun sebelumnya di mana hanya ada 85,5 juta orang yang mudik.

Melihat hal tersebut, ada baiknya  jika Anda mengetahui kapan waktu terbaik untuk mudik lebaran dengan menghindari puncak arus mudik yang akan menimbulkan macet total.

Puncak Arus Mudik Lebaran

Seperti yang dilansir dari laman Panduan Mudik Kementerian Perhubungan RI, puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada H-1 lebaran yaitu Jumat, 21 April 2023 di mana diprediksi terjadi pergerakan sebesar 15,1% atau 18,7 juta orang.

Peningkatan perjalanan pada arus mudik ini diprediksi mulai meningkat sejak H-3 yaitu pada Rabu 19 April 2023. Sedangkan untuk puncak arus balik, diperkirakan terjadi pada H+2 yaitu pada Selasa, 25 April 2023 dan diprediksi pergerakan yang masih cukup tinggi hingga H+3 yaitu Rabu, 26 April 2023.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS