Waspada! Ini Alasan Mengapa Ponsel Bisa Meledak

Yunike Purnama - Rabu, 04 Oktober 2023 18:40
Waspada! Ini Alasan Mengapa Ponsel Bisa MeledakIlustrasi (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Akhir-akhir ini di media sosial sering muncul kabar soal kasus ponsel yang meledak. Meski begitu, perlu diketahui bahwa kemungkinan smartphone meledak sangat kecil, tapi hal ini memang sempat terjadi seperti yang ditunjukkan oleh kegagalan Samsung Galaxy Note 7 beberapa tahun lalu. 

Lalu, mengapa hal ini bisa terjadi? Simak penjelasan berikut ini.

Mengapa Smartphone Bisa Meledak?

Mengapa smartphone bisa meledak?

Berikut beberapa alasan atau penyebab mengapa ponsel bisa meledak.

1. Cacat Produksi

Cacat produksi adalah alasan utama mengapa ponsel bisa meledak. Baterai Lithium-ion yang memberi daya pada ponsel perlu diuji dengan tepat sebelum dikirim.

Komponen yang salah atau adanya kesalahan pada alur perakitan dapat menyebabkan baterai tidak berfungsi dan pada gilirannya bisa meledak. Hal ini biasanya terjadi ketika sel-sel di dalam baterai mencapai suhu kritis yang mengakibatkan hilangnya panas. 

2. Kerusakan Fisik pada Baterai

Alasan kedua mengapa ponsel meledak adalah kondisi fisik baterai. Terkadang, ponsel yang terjatuh dapat menyebabkan kerusakan baterai, seperti menimbulkan perubahan struktur mekanis atau kimia internal baterai sehingga menimbulkan korsleting, panas berlebih, dan banyak lagi.

3. Menggunakan Pengisi Daya Pihak Ketiga

Pengisi daya pihak ketiga seringkali tidak memiliki spesifikasi yang dibutuhkan oleh ponsel. Meski terlihat sama, pengisi daya yang murah atau tidak bersertifikat dapat membuat ponsel menjadi terlalu panas, merusak komponen internal, dan menyebabkan korsleting pada baterai ponsel Anda.

4. Ponsel Tertinggal di Dalam Mobil

Terlalu banyak terpapar panas dapat merusak baterai ponsel. Sel menjadi tidak stabil dan menghasilkan gas seperti oksigen dan karbon dioksida.

Gas ini dapat menyebabkan baterai menjadi membengkak, merusak strukturnya, dan akhirnya meledak. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak meninggalkan ponsel di dalam mobil yang panas atau menyimpannya di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama.

5. Mengisi Daya Selama Semalam Suntuk

Kebiasaan ini tidak baik untuk terus dilakukan. Hal ini berdampak buruk pada baterai karena pengisian daya terjadi secara berlebihan yang dapat menyebabkan munculnya panas secara berlebihan, pengisian daya berlebih, korsleting, bahkan bisa jadi memicu ledakan.

Meski saat ini ada banyak smartphone yang hadir dengan chip yang menghentikan aliran arus ketika tingkat baterai mencapai 100 persen, masih ada beberapa ponsel terjangkau yang tidak memiliki fitur tersebut. Itulah alasannya mengapa Anda pernah mendengar kabar ponsel meledak saat pengguna sedang tidur. 

Itu tadi beberapa alasan mengapa ponsel atau smartphone bisa meledak, hati-hati!

 

Editor: Redaksi
Tags Ponsel meledak Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS