Waktu yang Tepat untuk Mandiri secara Finansial

Chairil Anwar - Kamis, 03 Maret 2022 21:26
Waktu yang Tepat untuk Mandiri secara FinansialKapan Waktu yang Tepat untuk Mandiri Secara Finansial? Ini Penjelasannya (sumber: Pexels.com/Rann Vijay)

BANDAR LAMPUNG — Mandiri secara finansial bisa diartikan dalam makna yang berbeda. Namun, secara umum, mandiri finansial diartikan Anda telah mandiri dan sepenuhnya bertanggung jawab atas pengeluaran Anda dan tidak lagi bergantung pada wali untuk memberi Anda uang atau menutupi sebagian dari tagihan hidup Anda. Dengan mandiri secara finansial, Anda harus dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, merencanakan masa depan, dan memenuhi kebutuhan dasar.

Mencapai kemandirian finansial bagi sebagian orang ada yang membutuhkan waktu lebih lama daripada orang lain, bergantung pada gaya hidup dan kebutuhan Anda sendiri. Misalnya, jika Anda menabung untuk masuk ke sekolah kedokteran, artinya Anda mungkin mempertimbangkan untuk tetap tinggal di rumah orang tua untuk sementara waktu setelah menerima gelar sarjana. Dalam hal ini, kemandirian finansial mungkin membutuhkan waktu lebih lama daripada orang lain.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mandiri secara Finansial?

Idealnya, Anda harus mandiri secara finansial dari orang tua Anda segera setelah Anda lulus dari perguruan tinggi dan mendapatkan pekerjaan. Namun, mungkin masih ada beberapa orang tua dengan anak-anaknya yang berusia 18 sampai 29 tahun yang masih membantu keuangan anaknya dalam satu tahun terakhir.

Meskipun tetap tinggal di rumah orang tua dan mendapatkan bantuan keuangan dari orang tua mungkin tampaknya lebih menguntungkan dan menghemat biaya, hal ini justru menyebabkan kemampuan pengelolaan uang Anda menjadi buruk. Hal ini karena Anda tidak terbiasa menerapkan cara menganggarkan keuangan yang tepat sejak usia muda. Terlalu mengandalkan orang tua atau wali untuk mendapatkan dukungan dapat membuat Anda menjadi terlalu bergantung dan juga menempatkan Anda pada risiko jika mereka tidak lagi dapat mendukung Anda.

Oleh karena itu, sebelum Anda pindah dari rumah orang tua, pastikan Anda benar-benar siap secara mental dan finansial untuk melakukannya. Pastikan Anda memiliki tabungan yang cukup untuk membayar sewa bulan pertama, serta uang jaminan, dan pertimbangkan untuk mengumpulkan dana darurat minimal tiga bulan untuk biaya hidup.

Cara Jadi Seseorang yang Mandiri secara Finansial

Pertama, Anda akan membutuhkan pekerjaan penuh waktu yang dapat diandalkan untuk menghidupi diri sendiri. Idealnya, Anda akan mendapatkan tawaran pekerjaan penuh waktu saat Anda lulus kuliah atau segera setelahnya. Saat Anda menerima tawaran, pastikan untuk menanyakan tentang tunjangan karyawan, seperti asuransi kesehatan dan opsi tabungan pensiun. Memiliki asuransi dan merencanakan pensiun sejak usia muda adalah kunci untuk mencapai kemandirian finansial.

Setelah Anda memulai pekerjaan Anda, berikan waktu beberapa bulan untuk memastikan apakah pekerjaan tersebut cocok dengan Anda. Tidak apa-apa untuk tinggal bersama orang tua Anda saat Anda menabung untuk tempat Anda sendiri dan mengisi dana darurat Anda, selama Anda memiliki target tanggal untuk pindah dari rumah orang tua. 

Saat Anda memasuki dunia kerja, penting untuk membuat anggaran yang bisa diterapkan yang memperhitungkan gaji baru Anda, biaya hidup, tagihan yang diharapkan, pembayaran utang, kontribusi pensiun, dan tujuan tabungan lainnya. Salah satu strategi penganggaran yang lebih populer bagi mereka yang baru mulai mengelola uang mereka adalah aturan 50/30/20, yang mengalokasikan anggaran Anda ke dalam tiga kategori utama yaitu kebutuhan, keinginan, dan tujuan keuangan. (RIL) 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 03 Mar 2022 

Editor: Chairil Anwar
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Lihat semua artikel

RELATED NEWS